rayapos.com - PSG

@Rayapos | Jakarta – Unai Emery sempat diragukan ketika menerima pinangan Arsenal menggantikan Arsene Wenger. Pelatih berusia 47 tahun itu mulai menjadi perhatian setelah membawa Sevilla menjadi juara Liga Europa.

Sukses di Sevilla membuat klub kaya raya Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) kepincut untuk merekrutnya. Pelatih asal Spanyol pun ditunjuk untuk memimpin sebuah proyek besar bersama Les Parisien.

Dua musim menangani PSG, Emery mampu menyapu bersih semua gelar domestik bersama PSG. Sayangnya, limpahan gelar domestik tidak membuat Emery nyaman di Les Parisien. Gaga bersinar di Liga Champions, ia pun terdepak dari kursi pelatih.

Pindah ke Arsenal, Emery pun langsung bisa beradaptasi dan dinilai sukses di Emirate Stadium. Ia mampu membawa Arsenel ‘move on’ dari era Wenger. Dalam 20 laga terakhir, Emery membawa Arsenal melaju tanpa terkalahkan di semua kompetisi.

Lantas, siapa sosok yang menjadi inspirasi Emery sebagai pelatih? Sebagaimana dilansir dari wawancara di situs resmi Arsenal, Jumat (7/12/2018), Emery blak-blakan mengungkap siapa yang jadi panutannya.

Nama Javier Irureta mungkin terdengar cukup asing. Namun, tidak demikian bagi pecinta sepak bola Spanyol. Javier Irureta punya karir yang panjang. Baik sebagai pemain maupun pelatih. Dia pernah bermain di Atletico Madrid dan Athletic Bilbao.

“Di Spanyol saya belajar banyak hal dari satu pelatih, Javier Irureta. Dia melatih di Deportivo La Coruna dan memilih karir yang hebat sebagai pelatih,” buka Emery di situs resmi Arsenal

Sebagai pelatih, Javier Irureta adalah sosok di balik sukses Deportivo La Coruna menjadi juara La Liga musim 1999-2000. Dia juga sempat membawa Deportivo melaju ke semi final Liga Champions musim 2003/04.

“Ketika dia jadi pelatih saya, dia berkata kepada kami: Saat saya mengganti pemain itu karena saya ingin perubahan. Mungkin itu positif, mungkin juga itu negatif, tapi itu berubah. Itu adalah ide pertama yang saya pikirkan” tukasnya.