Sekjen Kementerian Kesehatan Untung Suseno Sutarjo meninjau kesiapan layanan kesehatan untuk Asian Games | Foto: Rayapos/BINTANG

@Rayapos | Jakarta – Guna menyukseskan Asian Games 2018, Kementerian Kesehatan telah melakukan berbagai persiapan. Salah satunya adalah pengadaan fasilitas layanan kesehatan.

Kemenkes menyiapkan 140 Medical Station, 3 Medical Center dan 2 Poliklinik. Setiap pertandingan cabang olahraga akan disediakan 1 Medical Station didalam venue.

Untuk Medical Center sendiri akan ditempatkan di luar area pertandingan. Sementara untuk Poliklinik ditempatkan dilingkungan kompleks wisma atlet dan akan beroperasi selama 24 jam.

“Kementerian Kesehatan dengan INASGOC selaku penyelenggara juga telah menyediakan alat kebutuhan di Medical Station, Medical Center, dan Poliklinik,” ungkap Sekjen Kementerian Kesehatan Untung Suseno Sutarjo di Monumen Nasional, Rabu (8/8/2018).

Baca Juga:

INASGOC Siap Lakukan Tes Doping Selama Asian Games

Kemenkes Gelar Apel Siaga Jelang Asian Games

Sebagai langkah antisipasi lanjutan, kata Untung, Kemenkes juga telah menunjuk 27 rumah sakit rujukan. Dari seluruh rumah sakit ini, 15 diantaranya terletak di DKI Jakarta, 4 rumah sakit di Sumatera Selatan, 7 rumah sakit di Jawa Barat, dan sisanya berada di Banten.

Selain itu, lanjut dia, Kemenkes juga telah menyiapkan 218 ambulans. Dari jumlah ambulans tersebut, 25 diantaranya dapat berfungsi seperti ICU untuk mrngantisipasi hal yang bersifat emergency.

“Jadi ambulan bukan lagi sebagai sarana angkut pasien ke rumah sakit. Pelayanan UGD juga sudah dapat dilakukan di dalamnya,” ucapnya.

Pelayanan kesehatan dalam Asian Games difokuskan dalam dalam empat bidang utama seperti bidang Kesehatan lingkungan dan surveilans, layanan kesehatan dan gawat darurat, bidang keamanan pangan, serta bidang komunikasi & penyebaran informasi.

BAGIKAN