Surat Suara Dilipat di Sport Hall Hari ini

@Rayapos |Ambon: Proses pelipatan surat suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako), sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon, yakni hari ini Senin (30/1). Pasalnya, dalam pekan kemarin pihak penyelenggara telah selesai dengan agenda penyortiran surat suara.

Demikian disampaikan Ketua Divisi Logistik KPU Kota Ambon, Rieke Uruilal, kepada wartawan, di Ambon, Senin (30/1). ”Setelah dilakukan penyortiran surat suara akan dilanjutkan dengan pelipatan surat suara oleh relawan yang telah ditetapkan mulai 30 Januari – 3 Februari 2017,” ujarnya.

Dijelaskannya, dari proses sortir yang dilakukan sejak 23-26 Januari, ditemukan beberapa lembar surat suara yang mengalami kerusakan akibat terkena tinta pada mesin cetak. Untuk itu, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan KPU Pusat, Panwaslih Kota Ambon serta pihak percetakan untuk menggantikan surat suara yang rusak. ”Kita akan berkoordinasi dengan pihak percetakan untuk menggantikan surat suara yang robek atau rusak, koordinasi juga dilakukan dengan Panwaslih sehingga saat pelaksanaan Pilwakot surat suara yang akan digunakan masyarakat benar-benar layak,” jelasnya.

Menurutnya, dari hasil sortir itu, surat suara yang rusak akan dicetak ulang oleh pihak percetakan di Surabaya berdasarkan hasil perjanjian. ”Tidak ada masalah terkait hasil sortir, karena dari perjanjian dengan percetakan apabila ada kerusakan surat suara maka perusahaan siap mengganti sesuai jumlahnya,” tegasnya.

Surat suara yang diterima KPU Kota Ambon, tegasnya, yakni sebanyak 245.567 lembar setelah dilakukan pencetakan di PT Temprima Media Grafika di Surabaya Jawa Timur pada 14 Januari 2017.

Dimana, pencetakan surat suara dilakukan berdasarkan jumlah DPT yang telah ditetapkan sebanyak 237.627pemilih, ditambah 2,5% yakni 5.940 dan 2.000 kertas suara untuk persiapan Pemilihan Suara Ulang (PSU).

Selain menerima surat suara, terangnya, proses pengadaan alat kelengkapan di TPS dilakukan di Kota Ambon. Kecuali untuk tinta, hologram dan segel, timpalnya, dilakukan di Jakarta. ”Alat kelengkapan di TPS juga telah dilakukan oleh staf sekretariat KPU kota Ambon, selanjutnya dilakukan pengesetan logistik,” timpalnya.

Selain itu, tambahnya, gudang yang akan digunakan untuk logistik Pilkada adalah Sport Hall Karang Panjang, dengan pertimbangan lokasinya luas dan dapat menampung seluruh logistik hingga pendistribusian ke PPS. ”Kami belum memiliki gudang yang luas, sehingga masih menggunakan Sport Hall untuk menampung logistik. Karena itu seluruh proses pelipatan hingga pendistribusian ke 50 desa dan kelurahan akan dilakukan di lokasi tersebut,” pungkasnya.

Comments

comments