Tahap II, Polres Morortai Belum Serahkan Tersangka

@Rayapos | Ternate: Masih belum adanya titik terang terkait kasus keterlibatan Kepala Desa Darame, Kecamatan Morotai Utara, Abdurahim Daeng Sugi, mengakibatkan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Maluku Utara terpaksa melayangkan surat ke Kapolda Maluku Utara.

Pasalnya, kasus keterlibatan kades terhadap salah satu paslon kini masih terhambat di tangan penyidik kepolisian. Padahal, tahapan proses kasus ini hanya menunggu penyerahan tahap II berupa barang bukti dan tersangka. Saat itu, pihak Polres beralasan tidak mengetahui keberadaan tersangka. Bahkan Polisi telah menetapkan tersangka dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Sayangnya, belakangan Panwaslih Morotai berhasil melaporkan tersangka sementara mengikuti kampanye paslon Benny Laos-Asrun Padoma di Desa Darame.

Pihak Kejaksaan Morotai sendiri sudah menyatakan proses kasus yang ditangani penyidik kepolisian ini telah lengkap (P-21). Namun, saat ini kasus tersebut terkendala karena, untuk penyerahan Barang Bukti dan tersangka (Tahap II), polisi tak dapat memenuhinya dengan alasan tersangka tidak diketahui keberadaannya dan menjadi DPO.

Dari hasil supervisi Bawaslu Malut ke Morotai hingga Senin (30/1), perkembangan kasusnya masih jalan di tempat. Dasar tersebut membuat Bawaslu terpaksa melayangkan surat ke Kapolda Maluku Utara, Brigjen Pol Tugas Dwi Apriyanto.

Surat yang ditandatangani Komisioner Bawaslu Bidang Hukum dan Hubungan Antar lembaga, Muksin Amrin, kapasitas sebagai Koordinator Sentra Gakkumdu, meminta Kapoda Malut jenderal bintang satu melaporkan perkembangan penanganan kasus kades Darame, yang pada intinya menegaskan bahwa kasus tersebut sudah P21 di Kejaksaan.

Saat dihubungi wartawan, di Ternate, Minggu (29/1), Amrin menjelaskan, surat yang ditujukan ke Kapolda tentang perkembangan kasus, dimana telah ditetapkan status kasus P21 oleh Kejaksanaan. Hanya saja, Kejaksaan mau melengkapi berkas tahap II untuk diserahkan ke pengadilan, tetapi tersangka belum diserahkan oleh pihak penyidik. ”Alasan penyidik tersangka belum ditemukan, sampai saat ini Polres Morotai telah mengeluarkan surat DPO, namun belum juga ditangkap sampai saat ini,” pungkasnya.

Comments

comments

LEAVE A REPLY