Rumpt di RTH Kalijodo sudah tidak hijau, bahkan bopeng semua. Insert: Gubernur Ahok meresmikan RTH Kalijodo, didampingi Megawati Soekarnoputeri. Kolase: Rayapos / DWO

@Rayapos | Jakarta – Kondisi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo, Penjaringan, Jakarta Utara, mulai rusak. Rumputnya kering semua, lantai skatepark rusak.

Pada kamis (15/11/2018) beberapa pekerja merenovasi skatepark. Ada yang lantainya bolong. Sedangkan rumput yang gersang mungkin bakal menghijau lagi, sebab Jakarta mulai diguyur hujan.

Seorang pengguna skatepark, Galang (16), mengatakan, lantai skatepark yang berlubang membahayakan pemain skateboard. Ia pun mendukung adanya perbaikan demi kenyamanan bersama.

“Misalnya kami lagi jalan ngelindas lubang itu, skateboard bisa berhenti terus kaminya kelempar, jadi bahaya begitu,” kata Galang, Kamis (15/11/2018).

Menurutnya, sewaktu Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) jadi Gubernur DKI, hal-hal yang kelihatan sepele ini sangat diperhatikan. “Jaman Pak Ahok, lokasi ini bagus sekali. Sekarang begini,” ujarnya.

Pengelola RTH Kalijodo, Jamal, mengatakan, perbaikan skatepark merupakan inisiatif pihaknya yang telah dimulai sejak Rabu (14/11/2018).

Adapun perbaikan diperkirakan membutuhkan waktu sekitar dua pekan.

“Sudah beberapa kali kami perbaiki. Cuma karena berhubung hampir setiap hari orang nggak pernah absen main di situ, rusak lagi-rusak lagi. Perbaikan juga bertahap, jadi tidak sekaligus kita tutup,” kata Jamal.

Menurut Jamal, perbaikan terhadap lantai skatepark tidak sebatas menggunakan semen saja. Ada alat perekat khusus untuk menambal lantai skatepark yang bisa membuat lantai lebih kuat.

“Mungkin setelah perbaikan lantai, kita akan adakan pengecatan ulang lagi supaya lebih kelihatan enak dipandang secara estetika,” ucapnya.

Sementara untuk rumput-rumput yang berada di RTH Kalijodo digantikan dengan yang baru dari Suku Dinas Kehutanan Jakarta Utara.

Pasalnya kondisi rumput sekarang sudah rusak karena mengalami kekeringan.

“Bukannya tidak ada (rumput), ada, cuma berhubung kemarin musim kemarau kan kering, kami mencoba masuk musim penghujan ini, sekalian kita ganti trus balut lagi dengan tanah merah lalu kita tanami rumput lagi,” ujarnya.

Jamal mengatakan, perbaikan rumput menyasar sebagian besar RTH Kalijodo.

Baca Juga:

Perda Becak Ditolak DPRD DKI, Tukang Becak Mau Demo

Alibi Tersangka Pembunuh Bekasi Dipatahkan Saksi

Dugaan Pemerkosa Mahasiswi UGM Akhirnya Diselidiki Polisi

Selanjutnya rumput-rumput tersebut dibalut dengan tanah merah agar bisa tumbuh subur dalam jangka waktu lama.

“Hampir semua titik yang sudah ada rumputnya itu diganti rumput baru. Disulam dengan tanah merah supaya rumput pun bisa tumbuh dengan subur,” katanya.

Hanya saja Jamal tidak dapat memastikan berapa banyak luasan rumput di RTH Kalijodo yang diganti dengan rumput baru.

Menurutnya hal itu lebih cocok untuk ditanyakan langsung kepada pihak terkait lainnya.

“Saya belum hitung. Hampir semua diganti rumputnya dengan yang baru serta ditata rapih kembali. Mungkin lebih tepat ke Kepala Suku Dinas (Kehutanan),” katanya. (*)

BAGIKAN