Tak Sembarangan, Begini Cara Ngecas Hape yang Benar

[email protected] | Jakarta – Baterai adalah salah satu elemen inti dari sebuah handphone. Tanpa baterai apalah artinya sebuah smartphone, fungsinya tidak akan maksimal. Namun taukah kamu bagaimana cara mengecas baterai hape agar tetap awet.

Pada umumnya, setiap pengguna smartphone pasti memiliki cara yang berbeda bagaimana ngecas baterai yang baik dan benar. Sayang pada kenyataannya, meninggalkan smartphone terhubung ke stop kontak semalaman dapat mempersingkat masa pakai baterai.

Baca Juga : Chipset Snapdragon 835 Tertanam Dalam Asus NovaGo

Hal tersebut terungkap dalam sebuah laporan Cadex, perusahaan yang menawarkan vendor untuk menguji smartphone dan baterai lainnya.

Seperti dilansir dari laporan yang diterbitkan itu, Minggu (7/1), berikut beberapa trik jitu merawat baterai smartphone kamu agar tetap awet dan beroperasi optimal. Yuks simak penjabarannya:

1. Cas ponsel tak perlu lama
Ada baiknya kamu mengisi daya smartphone sedikit demi sedikit, kapan pun kamu memiliki kesempatan. Tak perlu lama-lama, hanya beberapa menit pun sudah cukup. Hal ini biasanya terjadi ketika kamu sedang dalam perjalanan.

2. Jangan sampai daya baterai habis total
Jangan tunggu hingga daya baterai smartphone habis total, baru kamu hubungkan ke stop kontak. Banyak pengguna yang menyarankan hal ini, namun ternyata cara ini berpotensi memperpendek masa pakai baterai.

3. Pertahankan daya baterai di level 45 persen
Usahakan agar tingkat daya baterai smartphone kamu berada di antara 65 persen dan 75 persen. Jika dirasa sulit, kamu juga bisa usahakan untuk berada di antara 45 persen hingga 75 persen.

4. Disarankan mengecas baterai hingga 100 persen
Berhubung kebanyakan smartphone saat ini sudah pakai lithium-ion, ada baiknya kamu tidak ngecas baterai hingga penuh. Ini dikarenakan tegangan tinggi bisa ‘menekan’ baterai dan memperpendek masa pakai baterai.

Baca Juga : Astronot Senior AS Tutup Usia

Comments

comments