Taklukan Liverpool, Southampton Capai Final

@Rayapos | London: Shane Long mencetak gol penentu kemenangan pada fase akhir pertandingan ketika Southampton menaklukkan Liverpool dengan skor 1-0 di Anfield pada Rabu (25/1), untuk menjadi tim pertama yang mencapai final Piala Liga tanpa kemasukan gol setelah tampil kokoh pada pertandingan leg kedua empat besar mereka.

Liverpool menggempur gawang Southampton pada babak kedua setelah banyak ditekan pada 45 menit pertama, namun tim tamu mampu bertahan dengan gigih untuk menahan tim tuan rumah dan mencuri gol kemenangan untuk mengukir kemenangan agregat 2-0.

Southampton memiliki peluang-peluang untuk mengamankan tiket final mereka lebih dini pada babak pertama, di mana Dusan Tadic dan Steven Davis melakukan penyelesaian yang buruk, namun setelah turun minum Liverpool dan Daniel Sturridge menyia-nyiakan dua peluang bagus.

Dengan waktu pertandingan yang semakin menipis, Liverpool merasa bahwa mereka semestinya mendapat penalti ketika Divock Origi terlihat dijatuhkan di area terlarang, namun Southampton justru balas menggebrak dan pemain pengganti Long melepaskan tembakan tanpa dapat diantisipasi Loris Karius.

Southampton, yang telah menjual pemain-pemain bernilai jutaan pound ke Liverpool dalam beberapa musim terakhir, akan berhadapan dengan Manchester United atau Hull City di final.

United akan mengantungi keunggulan 2-0 menuju semifinal leg kedua di markas Hull pada Kamis.

Kemenangan Southampton menandai laju indah di mana mereka telah menyingkirkan Crystal Palace, Sunderland, Arsenal, dan kini Liverpool, tim pencetak gol terbanyak di Liga Inggris.

“The Saints,”yang tidak pernah memenangi trofi utama sejak mengangkat Piala FA pada 1976, datang ke Anfield dengan rencana permainan yang bekerja sempurna ketika tim tamu bertahan dan membiarkan Liverpool menguasai bola sambil mengincar kesempatan untuk melepaskan serangan balik cepat.

Nathan Redmond, yang mencetak gol semata wayang pada leg pertama ketika ia juga menyia-nyiakan sejumlah peluang, menghadirkan ancaman konstan bagi para pemain bertahan Liverpool, yang kerap terganggu oleh kecepatan dan trik pemain sayap itu.

Laju slalom Redmond dari dalam menciptakan dua peluang terbaik pada babak pertama ketika ia memberi umpan kepada Tadic, yang tidak dapat menaklukkan Karius dari jarak dekat, dan kemudian memberikan peluang bagus kepada Davis, yang melepaskan tembakan melambung dari jarak sepuluh meter.

Setelah banyak ditekan pada babak pertama, Liverpool mencoba menumbuhkan harapan setelah turun minum.

Peluang pertama mereka untuk mencetak gol terjadi ketika upaya Emre Can masih dapat diamankan Fraser Forster sebelum melewati garis gawang.

Bagaimanapun, peluang terbaik tim tuan rumah jatuh kepada Sturridge yang melepaskan sepakan voli akrobatik dari jarak lima meter dan kemudian menyepak bola umpan silang yang tidak akurat di mana ia hanya tinggal menaklukkan kiper.

Dengan pertandingan memasuki fase akhir, Origi terjatuh akibat dihadang jack Stephens, namun wasit Martin Atkinson tidak mengabulkan permohonan penalti dan Southampton berbalik menyerang.

Josh Sims berlari sejauh 60 meter sebelum memberi umpan kepada Long, yang menyentuh bola dan melesakkannya melewati Karius.

Comments

comments

LEAVE A REPLY