Tambahan 7 Mesin Baru, Pasokan Listrik di Ambon Terjaga

@Rayapos | Ambon: Dengan adanya tambahan 7 unit mesin dengan total kapasitas 5 MW, diharapkan upaya peningkatan keandalan sistem kelistrikan di Kota Ambon dapat terpenuhi. Apalagi, ketujuh mesin tersebut telah tiba di PLTD Poka, Jumat (27/1) kemarin.

Harapan ini disampaikan oleh Manajer Teknik PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara (M2U), Adriansyah, kepada wartawan, di Poka, Selasa (31/1). Menurutnya, pengadaan mesin ini juga ditujukan untuk kesiapan PLN dalam menghadapi Hari Pers Nasional 2017 yang akan dilaksanakan di Kota Ambon pada bulan Februari mendatang. ”Saat ini seluruh mesin sedang loading di PLTD Poka dan ditargetkan tanggal 3 Februari sudah siap untuk dioperasikan,” ujarnya.

Penambahan mesin tersebut, tegasnya, tentu dapat meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Kota Ambon. Namun diharapkan adanya partisipasi aktif dari masyarakat dan pemerintah daerah untuk tetap menjaga keandalan sistem tersebut. “Mulai dari memperhatikan kebersihan jaringan listrik di sekitarnya, serta menggunakan listrik sesuai kebutuhan,” jelasnya.

Menurutnya, adanya penambahan kapasitas daya dari ketujuh mesin tersebut, sistem kelistrikan di Kota Ambon dapat terus meningkat keandalannya dan kegiatan Hari Pers Nasional 2017 pada bulan Februari mendatang dapat berjalan dengan lancar.

Apalagi, tambahnya, saat ini sistem kelistrikan di Kota Ambon dalam kondisi aman. Dengan Daya Mampu di Kota Ambon sendiri sebesar 63 MW dengan Beban Puncak mencapai 57,27 MW, sehingga terdapat surplus/cadangan daya sebesar 5,95 MW. ”Dengan adanya penambahan kapasitas dari ketujuh mesin tersebut, Daya Mampu di Kota Ambon nantinya dapat mencapai 68,22 MW dan terdapat cadangan daya/surplus 10, 95 MW,” pungkasnya.

Comments

comments