Tangerang Realisasikan 70 Persen Anggaran Atasi Kemiskinan

Laporan Keuangan. (Foto: inspektorat.slemankab.go.id)

@Rayapos | Tangerang: Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, merealisasikan sekitar 70 persen anggaran untuk mengatasi kemiskinan terhadap warga yang tersebar pada 29 kecamatan.

“Dalam evaluasi tahun 2016 saja telah berhasil mengurangi kemiskinan kepada 200.000 warga,” kata Kepala Dinsos Pemkab Tangerang Arsyad Husen di Tangerang, Selasa.

Arsyad mengatakan upaya yang dilakukan dengan cara memberikan bantuan secara bergulir kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Hal tersebut agar anggota kelompok itu dapat mandiri dan melakukan kegiatan usaha tambahan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Namun Arsyad enggan menjelaskan secara terinci anggaran untuk instansi yang dipimpinnya setiap tahun dengan alasan tertentu.

Menurut dia, catatan tahun 2015 bahwa instansinya telah mengentaskan kemiskinan terhadap 900.000 warga yang tersebar pada 426 desa dan kelurahan.

Sedangkan program serupa tahun 2017 yakni pembinaan terhadap KUBE karena telah terbukti dapat bermanfaat bagi warga kurang mampu dengan membentuk kelompok.

Bahkan program pengentasan kemiskinan tidak hanya oleh Dinsos semata melainkan dibantu oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) setempat lainnya.

Dia menambahkan upaya pengentasan kemiskinan merupakan salah satu dari 25 program unggulan Pemkab Tangerang yang peduli terhadap warga kurang mampu.

Demikian pula program tersebut sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) pemerintah daerah setempat.

Arsyad mengatakan beberapa kecamatan KUBE itu berkembang pesat seperti di Kecamatan Cisoka bahwa warga kurang mampu beternak kambing, bebek maupun ayam.

Untuk KUBE Kecamatan Cikupa dan Panongan berupa usaha pembuatan sepatu dan tas dari bahan limbah pabrik sekitar tinggal mereka.[ant]

Comments

comments