Tari Topeng Kelana Meriahkan Pesta CGM

@Rayapos | Bogor: Tari Topeng Kelana, asal Kota Cirebon, Jawa Barat, dijadwalkan memeriahkan Pesta Rakyat Bogor Street Festival Cap Go Meh (CGM) 2017 bulan Februari.

“Tahun ini kami memilih Tari Topeng Kelana, dari Kota Cirebon yang akan menjadi pembuka Pesta Rakyat Bogor Street Festival CGM 2017,” kata Ketua Pelaksana Pesta Rakyat Bogor Street Festival, Arifin Himawan, di Balai Kota, Rabu.

Pesta Rakyat Bogor Street Festival CGM 2017 merupakan penyelenggaraan yang ke-15 kalinya. Tahun ini, panitia fokus mengangkat budaya Sunda, sebagai upaya untuk memperkuat lagi seni dan budaya Sunda.

Ia mengatakan, sejak dua tahun terakhir Pesta Rakyat Bogor Street Festival CGM menghadirkan kesenian dari berbagai daerah di Indonesia, sesuai dengan makna dari penyelenggaran acara tersebut yakni pelestarian seni dan budaya bangsa dalam keberagaman.

“Tahun 2015, kita menghadirkan Papua, lalu di 2016 ada tarian Tor-Tor dari Sumatera Utara,” katanya.

Arifin menyebutkan, Pesta Rakyat Bogor Street Festival CGM sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota Bogor. Pada tahun 2015, kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Panitia juga telah mengirim surat ke Istana, mengundang Presiden untuk kembali menghadiri pesta rakyat itu, kata Arifin.

Menurut Arifin, kegiatan tersebut akan melibatkan 20 sanggar seni dan budaya yang datang dari wilayah Bogor dan daerah luar, ada sekitar 10 ribu pengisi acara dan panitia. Diharapkan kegiatan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Bogor.

“Mudah-mudahan Bogor memiliki nilai jual lebih atas terselenggaranya CGM secara nasional hingga mancanegara,” katanya.

Arifin menambahkan, Pesta Rakyat CGM tahun ini diharapkan menjadi momentum untuk menunjukkan kepada masyarakat di daerah dan dunia internasional bahwa kebersamaan dan keberagaman terjalin denga baik di Kota Bogor.

“Di tengah isu SARA yang muncul situasi saat ini, semoga perayaan Pesta Rakyat CGM menjadi gaung, bahwa kita tetap bisa bersatu dalam keberagaman melalui seni dan budaya ini,” kata Arifin.

Selain Tari Topeng Kelana, Pesta Rakyat CGM Bogor Street Festival juga dimeriahkan oleh Ondel-ondel dari Jakarta, parade mobil hias 12 shio, arak-arakan barongsai, dan liong baru, serta pertunjukkan seni lainnya, seperti keroncong dan tanjidor. [ant]

Comments

comments

LEAVE A REPLY