Tas Bahan Mendong, Souvenir Khas Tasikmalaya

rayapos.com - Tas Khas berbahan Mendong
Souvenir khas Tasikmalaya berupa tas berbahan Mendong (Foto: Istimewa)

@Rayapos | Jakarta: Disaat menyambangi sebuah kota atau daerah, tentunya kita akan mencari apa yang khas dari daerah tersebut sehingga bisa dibawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga atau sahabat.

Mungkin saja ada beberapa daerah di Indonesia yang sulit menemukan oleh-oleh khas, namun tidak dengan Tasikmalaya. Kota kecil yang ada di wilayah Provinsi Jawa Barat ini sering disebut juga sebagai Mutiara dari Periangan Timur atau Kota Kerajinan.

Sebagai Kota Kerajinan, tak salah jika di kota ini banyak cinderamata serta kerajinan tangan yang dapat Anda jadikan sebagai buah tangan antara lain payung, kelom geulis, juga tas cantik.

Untuk mendapatkan kerajinan tangan khas Tasikmalaya, para wisatawan tak perlu bingung, karena di kota ini terdapat sentra kerajinan bernama Rajapolah dimana semua kerajinan khas Tasikmalaya dapat ditemukan dengan mudah di tempat ini.

Datang ke Rajapolah dipastikan tidak akan bosan, wisata belanja ini memang menyajikan beragam kerajinan tangan yang unik, cantik, dan harga terjangkau sehingga siapapun pasti akan tergoda untuk membeli.

Sejak tahun 1989, Rajapolah memang sudah dikenal dengan aneka ragam kerajinannya yang terus berkembang sangat pesat hingga sekarang.

Sepanjang jalan di wilayah Rajapolah, tepatnya yang menghubungkan antara Tasikmalaya dan Ciamis, akan terlihat banyak toko-toko kerajinan yang menawarkan dagangannya, dan salah satu kerajinan yang terkenal adalah kerajinan anyaman.

Berbicara mengenai kerajinan anyaman, di Indonesia memang banyak tempat yang menghasilkan kerajinan anyaman, namun kerajinan yang ada di Tasikmalaya berbeda dengan yang ada di tempat lain, baik itu dari segi bahan, warna, serta bentuknya.

Kerajinan anyaman di Tasikmalaya menggunakan bahan baku Mendong yang merupakan tanaman rumput-rumputan yang ada di daerwah rawa atau tempat yang berair. kerajinan mendong tak hanya terkenal di Tasikmalaya, namun juga sudah dikenal hingga ke mancanegara.

Pada mulanya anyaman mendong hanya dibentuk untuk bahan baku tikar saja, namun seiring dengan perkembangan zaman, perajin mulai membuat anyaman mendong yang lebih berkembang dan modern, tak hanya dibuat tikar saja, namun juga dibuat dompet dan tas cantik, topi, kotak serbaguna, pigura, hingga kursi dan meja.

Untuk tas dan dompet dari bahan mendong biasanya diwarnai pula dengan warna-warna cantik serta tambahan sulaman pita sehingga tampilannya semakin mempesona.

Jado bagi para traveler yang berniat memiliki tas cantik dengan bahan mendong, tak ada salahnya jika Anda datang berkunjung ke Kota Tasikmalaya.[*]

Comments

comments