Ilustrasi Bayi (Foto : Istimewa)

@Rayapos | Jakarta – Polsek Penjaringan membekuk Rafika Oktavia (24). Ia nekat membuang janin laki-laki berusia empat bulan, di sebuah tempat sampah di Mal Bywalk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (22/7/2018) dini hari.

Kanit Reskrim Polsek Penjaringan Jakarta Utara, Kompol Mustaqim mengatakan wanita muda tersebut diduga tega buang janinnya lantaran malu dengan tetangga, serta teman terdekatnya.

“Pengakuan pelaku (Rafika) malu karena hamil di luar nikah. Sehingga ia pun menenggak obat sejenis penggugur kandungan. Lalu, terjadi lah kontraksi dan ketika keluar (Janin) ia langsung membungkusnya dengan plastik kresek hitam, lalu dibuangnya ke sebuah tempat sampah di Mal Baywalk Pluit,” ujar Mustaqim, Minggu (22/7/2018).

Kasus ini berawal ketika Rafika mengetahui apabila ia telah hamil diluar nikah yang telah berusia empat bulan. Dia saat itu panik, hingga berupaya menghubungi Fadli, kekasihnya yang tengah menghamilinya.

Sayangnya, kekasih Rafika ini pun telah berada di Qatar, sedang bekerja sebagai TKI.

Di saat yang bersamaan pula tidak ada sebuah bentuk pertanggungjawaban sang kekasih yang membuatnya Rafika semakin panik.

Baca juga:

Perjuangan Herayati, Anak Tukang Becak, Cum Laude ITB

Milla Panggil Ezra dan Andritany untuk TC Asian Games

Rafika saat itu nekat aborsikan kandungannya sendiri dengan tenggak sejenis obat penggugur kandungan yang dibelinya.

“Menurut keterangan pelaku (Rafika), pada hari Senin (16/7/2018) sekitar 23.30 WIB, pelaku di rumahnya di Kawasan Tangerang, menenggak obat ‘Noprostol’. Setelah kontraksi, hari Selasa (17/7/2018) sekitaran 08.00 WIB, janin bayi itu keluar dari rahim kondisi tak bernyawa, setelah itu ia pun menghubungi rekannya, Anil, dengan tujuan menemaninya membuang janin itu,” ujar Mustaqim.

CCTV

Kemudian, jelas Mustaqim, pihaknya dapatkan laporan apabila telah ditemukan sesosok janin laki-laki berusia sekitar empat bulan, di sebuah tempat sampah di Mal Bywalk Pluit. Sehingga, pihaknya pun mendalami kasus itu dan segera melakukan pengejaran terhadap pelaku.

“Ternyata aksi pelaku (Rafika), terekam Circuit Closed of Televesion (CCTV) di Mal Baywalk Pluit. Kami dapatkan laporan dari pihak mal itu pada Selasa (17/7/2018). Ternyata, pelaku ini usai menggugurkan kandungannya tersebut, ia membuang (Janin) di sebuah tempat sampah di mal itu. Dia itu, ditemani oleh rekannya, Anil, saat itu,” jelas Mustaqim

Sementara itu, Kapolsek Penjaringan, AKBP Rachmat Sumekar menerangkan, setelah cek rekaman CCTV hingga dilakukan penyelidikan, pihaknya lebih dulu amankan Anil, yang selaku rekan pelaku saat menemani membuang janin pelaku.

“Selanjutnya, pada Kamis (19/7/2018) sekitar 14.00 WIB, kami mengamankan yang terlihat dari CCTB yang mengenakan jaket coklat yaitu Anil Qoryati di Muara Karang, Penjaringan. Anil sebagai saksi menerangkan, jika janin itu telah dibuang oleh wanita bernama Rafika Oktavia,” ujar Rachmat.

Hingga pada akhirnya, lanjut Rachmat, segera dilakukan pengejaran oleh pihaknya ke daerah Rawa Bokor, Tangerang. Sekitaran pukul 23.30 WIB, Kamis (19/7/2018), Rafika berhasil untuk diamankan petugas kepolisian.

“Menurut keterangan pelaku (Rafika), ia sudah dihamili kekasihnya bernama Fadli, yang saat ini sudah bekerja di Qatar. Namun di kasus ini, perbuatan Rafika juga harus dijerat Pasal 45 a Jo Pasal 77 A UU No. 35 Tahun 2014 tentang perubahan UU No. 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, lantaran telah mengaborsi anak dalam kandungan,” ujarnya.

Namun, kasus ini dilimpahkan ke Polres Metro Tangerang Kota, karena Rafika menggugurkan kandungannya dirumah kontrakannya tersebut di Kawasan Tangerang.

BAGIKAN