Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara

@Rayapos | Jakarta – Selain sebagai momen kebangkitan prestasi olahraga, perhelatan Asian Games 2018 akan menjadi ajang unjuk gigi telekomunikasi Indonesia dengan menguji coba teknologi 5G.

Uji coba teknologi jaringan generasi kelima ini dimaksudkan untuk menjalankan mobil otonomos alias mobil tanpa sopir. Mobil tersebut akan berjalan di kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta

Pengaplikasian tersebut akan dilakukan oleh Telkomsel selaku official mobile partner Asian Games 2018 serta XL dan Pemprov DKI Jakarta.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan bahwa frekuensi yang akan digunakan untuk mendukung jaringan 5G saat uji coba nanti adalah frekuensi rendah.

“Frekuensinya di 3 giga kurang lebih, ada juga dibuka kemungkinan di 8 giga, kan namanya juga uji coba, enggak apa-apalah,” ujar Rudiantara saat ditemui di Jakarta belum lama ini.

Baca Juga:

Drawing Sepakbola Asian Games Diulang, Ini Sikap PSSI

Kemenpora Siapkan Bonus Bagi Peraih Medali Asian Games

Rudiantara menyebut tujuan uji coba penerapan 5G ini fokus ke masalah teknis, sebab menurut dia 5G bukan hanya masalah frekuensi tetapi menyoal perangkatnya. “Jadi device di sisi user-nya dan aplikasi, semua harus lengkap, tujuannya untuk melihat itu,” ucapnya.

Untuk mendukung event akbar ini, Telkomsel juga menghadirkan teknologi Time Division Duplexing (TDD) Massive Multiple Input Multiple Output (MIMO) untuk dapat melayani keramaian di titik prioritas utama dengan lebih baik.

BAGIKAN