Terlilit krisis ekonomi, Venezuela sumbang dana untuk pelantikan Trump

rayapos.com - terlilit krisis ekonomi Venezuela sumbang Trump
Pelantikan Donald Trump sebagai Presiden AS (FOTO: Istimewa)

@Rayapos.com | Caracas: Berdasarkan laporan terbaru, Venezuela yang saat ini sedang terlilit krisis ekonomi, rupanya ikut menyumbang dana sebesar US$ 500.000 atau setara dengan Rp 6,6 miliar untuk pelantikan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Hal tersebut dikarenakan perusahaan AS, Citgo Petroleum, yang berafiliasi dengan perusahaan minyak Venezuela, tercantum dalam berkas dokumen di Komisi Pemilu Federal Amerika Serikat.

Sumbangan yang diberikan Venezuela bahkan sangat besar jika dibandingkan dengan kucuran dana dari sejumlah perusahaan besar yang tercatat dalam dokumen tersebut, seperti Pepsi yang menyumbangkan US$250.000 dan Walmart US$150.000.

Laporan yang terungkap tersebut cukup mengejutkan, karena seperti yang diketahui Venezuela sendiri sedang dilanda krisis ekonomi, di mana bahan pangan langka, inflasi tinggi dan kejahatan merajalela.

Seperti dikutip dari Sky News, sumbangan yang diberikan Venezuela juga setara dengan yang didonasikan oleh bank terbesar AS JPMorgan Chase dan Exxon yang juga menyetor US$ 500.000 untuk kepentingan inaugurasi Trump.

Sementara itu, diketahui juga bahwa Bank of America menyumbangkan dana yang tak kalah besarnya sejumlah US$ 1 juta.

Tim-tim sepakbola Amerika dan pemilik kasino Sheldon Adelson juga ikut mengucurkan dana untuk pelantikan Trump sebesar US$ 5 juta atau setara dengan Rp6,5 triliun.

Comments

comments