Jokowi beli jakte (ANTARA/Puspa Perwitasari)

@Rayapos | Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) spontan membeli jaket di Festival Kreatif Ideafest 2018. Ternyata jaket tersebut buatan dalam negeri yang biasa dipakai oleh anak muda.

“Ya, spontanlah, spontan saja. Ini bisa dipakai pas hujan, dipakai pas enggak hujan juga,” kata Presiden seusai menghadiri pembukaan Ideafest 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat, (26/10/2018).

Jaket itu dibuat oleh Ame Raincoat dari Bandung dan dibeli seharga Rp 499 ribu.

Jokowi mengatakan bahwa beberapa produk yang dipakainya juga buatan lokal. “Karena sepatu saya juga lokal,” ujarnya tertawa.

Baca juga:

Sinead O’Connor Masuk Islam dan Ganti Nama Menjadi Shuhada’

Hanura Sebut Prabowo ‘The Great Sontoloyo’, Apa Maksudnya?

Jokowi lalu memberikan saran untuk produk-produk anak muda agar dapat bersaing di pasaran.

“Menurut saya terutama yang diproduksi anak-anak muda, ya, memulai dengan produk yang kualitasnya baik, memulai dengan kebutuhan pasar, kemudian juga mengemas, packaging yang baik,” tuturnya.

Dari yang Jokowi amati selama ini, kalangan muda selalu berusaha menampilkan produk yang sesuai tren.

“Yang saya lihat, tren selalu diikuti, ini yang saya senang, sehingga kualitas yang baik, harga yang baik, competitive price, anak muda mesti seperti itu.” tuturnya.

Lebih jauh, Jokowi juga mendorong adanya kolaborasi antara para pelaku industri kreatif.

“Ini harus kolaborasi antara creator, innovator, pelaku-pelaku bisnis, yang in line, satu garis, dengan industri dengan investor, dengan lembaga keuangan plus kebijakan-kebijakan pemerintah harus satu,” katanya.

Jokowi bukan hanya sekali kepergok mengenakan Jaket lokal karya anak muda Indonesia. Pada April 2018 Jokowi kepergok mengenakan jaket jeans bergaya ala Dillan saat melakukan touring menuju Sukabumi.

Jaket jeans yang ia kenakan berdesain peta Indonesia dengan warna merah putih sesuai bendera Indonesia, lalu bagian belakang jaket terdapat tulisan “Indonesia”.

Jaket asli buatan tangan tersebut merupakan karya dari Never Too Lavish dan dibeli oleh sang Presiden dengan harga Rp4 juta.

Presiden juga pernah mengenakan Jaket yang diproduksi oleh Rawtype Riot yang merupakan produk asli Bandung. Jaket itu dibeli Jokowi saat peringatan hari Sumpah Pemuda 2017. Decky Sastra merupaka pemilik dari merek jaket garang tersebut.

 

BAGIKAN