Tetap Produktif di Musim Hujan

@Rayapos.com | Jakarta: Hujan mulai mengguyur wilayah Indonesia. Jika sudah demikian, banyak hal yang harus dipersiapkan terutama menyangkut kesehatan. Pasalnya, saat musim hujan tiba, bukan hanya jalanan yang dibuat macet, tetapi juga terjadi banjir, dan yang paling banyak dikeluhkan adalah gangguan penyakit.

Sebagai profesional yang dituntut produktivitasnya, Anda disarankan untuk pandai-pandai menyiasati agar tetap sehat dan mampu menyelesaikan tugas dan tanggungjawabnya secara profesional. Dengan demikian, anda tetap bisa produktif selama musim hujan.

Berikut, beberap hal yang wajib anda perhatikan agar tetap fit dan produktif selama musim hujan;

1. Konsumsi vitamin

Jus Jeruk dan Brokoli mengandung vitamin (Foto: Istimewa)
Jus Jeruk dan Brokoli mengandung vitamin (Foto: Istimewa)

Konsumsi vitamin secara rutin juga akan baik bagi ketahanan tubuh selama musim hujan ini, karena biasanya kondisi kesehatan tubuh rentan terhadap penyakit. Vitamin yang dibutuhkan bisa didapat dari buah-buahan dan sayuran atau bisa juga dengan mengkonsumi vitamin dalam bentuk pil atau tablet.

2.Jangan tinggalkan olahraga.

Skipping termasuk olahraga ringan (Foto: Istimewa)
Skipping termasuk olahraga ringan (Foto: Istimewa)

Musim hujan bukan alasan untuk Anda tidak berolahraga. Anda bisa lalukan olahraga ringan seperti push up, sit up, skipping, yoga dan masih banyak lainnya. Selain untuk membakar kalori, olahraga secara rutin bagus untuk memperlancar aliran darah sehingga sirkulasi darah dan oksigen tetap terjaga.

3.Selalu bawa perlengkapan saat musim hujan

Perlengkapan musim hujan (Foto : Ilustrasi)
Perlengkapan musim hujan (Foto : Ilustrasi)

Jangan pernah lupa membawa perlengkapan musin hujan di saat-saat seperti ini. Jika Anda yang mengendarai kendaraan roda dua, sebaiknya siapkan peralatan yang mendukung saat musim hujan seperti jaket dan jas hujan. Selain itu, siapkan juga payung hingga obat-obatan pribadi di dalam tas Anda. Dengan perlengkapan tersebut tidak ada lagi alasan untuk tidak masuk kerja.

4.Perbanyak minum air putih dan makanan sehat

Air putih baik untuk kesehatan tubuh (Foto: Istimewa)
Air putih baik untuk kesehatan tubuh (Foto: Istimewa)

Mengkonsumsi air putih dan makanan sehat bagus untuk menjaga kesehatan Anda untuk tetap produktif bekerja dan memberikan daya tahan tubuh yang lebih kuat saat musim hujan. Tak jarang, banyak orang yang terjangkit penyakit saat musim hujan seperti demam, flu, batuk dan lainnya. Maka, perbanyak mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi, serat dan vitamin.

5.Tidur yang cukup

Tidur cukup (Foto: Istimewa)
Tidur cukup (Foto: Istimewa)

Pastikan anda mempunyai waktu tidur yang cukup setidaknya 7 – 8 jam setiap hari. Dengan tidur yang cukup di malam hari, maka anda akan bisa memiliki daya tahan tubuh yang tangguh. Tak hanya itu, tidur yang cukup juga mampu memperbaiki metabolisme tubuh. Dengan mood anda bisa terkendelai, dan fisik anda akan lebih fresh, fit serta siap menyelesaikan tugas dan tanggung jawab secara lebih profesional.

Comments

comments