Iustrasi Bahaya Tidur dengan gadget

@Rayapos | Jakarta – Gadget yang dulu merupakan barang lux, kini telah berubah menjadi jenis barang yang tak bisa lagi diabaikan. Gadget berrubah menjadi kebutuhan primer karena sangat membantu aktivitas kita sehari-hari.

Berbagai kemudahan yang disediakan lewat gadget lama kelamaan membuat manusia terikat dan bahkan tak bisa lagi dipisahkan oleh perangkat pintar itu, bahkan sampai “dibawa tidur”.

Ibarat pisau, gadget yang memberikan kemudahan dan banyak manfaat itu, ternyata juga bisa mendatangkan bahaya bagi penggunanya.

Baca juga : Waspada Serangan Flu Australia

Bukan cuma soal kecanduan, tetapi keterikatan pengguna dengan gadgetnya mengandung risiko yang harus diwaspadai. Salah satunya adalah layar gadget.

Layar gadget baik berupa komputer, laptop atau smartphone akan mendatangkan bahaya jika digunakan secara nonstop.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut bahaya yang bisa timbul karena kecanduan gadget, apalagi sampai dibawa tidur;

1. Pengaruh Layar Gadget Pada Otak

Radiasi yang berasal dari layar gadget sangat berbahaya dan bisa berdampak buruk bagi tubuh manusia. Terlebih saat malam hari menjelang waktu tidur.

Radiasi yang ditimbulkan layar gadget menyebabkan interaksi ringan terhadap otak kamu. Hal itu bisa berdampak pada penurunan fungsi otak. Apalagi jika kamu secara reguler menggunakan gadget di malam hari sebelum tidur, maka fungsi otak kamu akan lebih cepat mengalami penurunan.

2. Efek samping berbahaya

Selain disfungsi otak, ternyata ada juga beberapa efek samping lain yang bisa terjadi pada tubuh kamu akibat penggunaan gadget sebelum tidur. Beberapa efek samping terjadi untuk jangka pendek sedangkan efek samping yang lebih berbahaya biasanya terjadi untuk jangka waktu yang panjang.

Efek jangka pendek antara lain, pola tidur yang tidak teratur membuat waktu istirahat otak berkurang. Jangka panjangnya, penurunan fungsi otak yang terjadi secara terus-menerus lama-lama akan menyebabkan bahan kimia otak ikut terkena dampak.

Hal itu bisa berujung pada hilang fokus, stres bahkan gangguan jiwa secara permanen. Risiko tersebut belum ditambah dengan dampak lain seperti gangguan penglihatan akibat radiasi layar gadget yang langsung menyerang mata.

Baca juga : Sarapan Tepat dengan Menghindari Lima Hal Ini

Lalu bagaimana cara meminimalisir risiko yang ditimbulkan?

Berbagai bahaya yang mungkin ditimbulkan akibat penggunaan gadget sebelum tidur di malam hari bisa dicegah atau setidaknya diminimalisir. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.
1. Kurangi penggunaan gadget secara berlebih.
2. Matikan semua perangkat smartphone, komputer atau laptop kamu pada malam hari dan sudah tidak lagi digunakan.
3. Jaga komitmen untuk menetapkan waktu istirahat dengan tepat.

Jika kondidi memaksa untuk tetap menggunakan gadget di makam hari, maka anda bisa menggunakan aksesoris yang bisa melindungi kamu semisal screen protector alias pelindung layar yang bisa menangkal radiasi sinar UV.

Salam Sehat!

BAGIKAN