Tiga klub Liga 1 kemungkinan besar tak mendapat lisensi AFC

@Rayapos.com | Jakarta: Perwakilan PT Liga Indonesia Baru (LIB), Tigor Shalom Boboy mengatakan bahwa tiga klub Liga 1 seperti Bhayangkara FC, PSM Makassar, dan Persipura Jayapura kemungkinan besar tak mendapatkan lisensi AFC pada musim ini.

Pasalnya, setelah dinyatakan tak lolos verifikasi AFC ketiga klub tersebut diberikan waktu untuk mengajukan banding untuk melengkapi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh AFC.

“Proses banding memang dilakukan, tetapi dalam peraturan AFC hanya dokumen yang sudah ada, yang kurang atau keliru yang boleh dibanding. Tak bisa masukan data baru,” ujar Tigor di Jakarta, Selasa (31/10).

Selain itu, Tigor juga menjelaskan, AFC meminta klub untuk mengurus lisensi tidak secara dadakan. Oleh karena itu, PSSI akan membantu dan mengawal ketiga klub dalam proses mendapatkan lisensi AFC.

“Harusnya proses ini sudah selesai pada Juli. Tapi karena ada berbagai hal kami minta waktu ke AFC mengingat tenggat pendaftaran untuk turnamen yang digelar AFC itu jatuh pada 22 November 2017,” tuturnya.

Seperti diketahui, untuk lolos verifikasi lisensi klub profesional dengan standar AFC, klub harus memenuhi lima aspek penilaian diantaranya legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi, serta pembinaan usia dini.

Namun, tiga klub Liga 1 diatas sampai saat ini belum melengkapi kriteria AFC untuk mendapatkan lisensi klub profesional. Jika hasil banding tolak, ketiga klub tersebut dipastikan tidak bisa ikut kompetisi Asia tahun depan.

Editor: Hadie Ismanto

BAGIKAN