Tim e-Sport Indonesia (amnd)

@Rayapos | Jakarta – Tim e-Sport Indonesia menargetkan empat medali emas untuk ajang SEA Games 2019.

Demi memenuhi target tersebut, Indonesia e-Sport Asociation (IeSPA) bakal menjaring para atlet dari ajang Liga Universitas yang rencananya akan digelar di lima kota mulai Februari 2019 mendatang.

Dari ajang ini, para atlet terbaik akan dipilih untuk mewakili Indonesia pada SEA Games 2019 mendatang.

“Rencananya Liga Universitas ini akan digelar selama tiga bulan mulai dari Februari hingga bulan Mei mendatang. Kita akan gelar di Universitas-universitas terbesar di lima kota di Indonesia,” kata Presiden IeSPA, Eddy Lim, Selasa (4/12/2018).

“Liga Universitas ini juga sekaligus menjadi ajang seleksi untuk menjaring atlet-atlet terbaik untuk mewakili Indonesia pada SEA Games 2019 di Filipina,” sambungnya.

Lebih lanjut, Eddy juga menambahkan bahwa selain Liga Universitas pihaknya juga akan menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) e-Sport yang akan diikuti 12 Pengurus Provinsi IeSPA di seluruh Indonesia.

“Karena adanya Pilpres tahun depan, jadi kemungkinan Kejurnas nanti baru bisa kita selenggarakan setelah Pilpres 2019 mendatang atau setelah Liga Universitas. Tujuannya, untuk mencari tim pelapis pada SEA Games 2019 agar bisa memenuhi target empat medali emas,” jelasnya.

Pada SEA Games 2019 mendatang, Tim e-Sport Indonesia diharapkan bisa meraih empat medali emas dari enam nomor yang akan diperlombakan.

Dari enam nomor yang akan diperlombakan, hingga saat ini baru empat nomor yang sudah dipastikan bakal dipertandingkan pada SEA Games 2019 mendatang. Keempat nomor tersebut adalah Dota 2, NBA 2K19, Hearthstone, dan Mobile Legend.

“Dua nomor lagi masih belum disepakati oleh tuan rumah. Kita berharap nomor Clash Royale juga bisa dipertandingkan karena itu menjadi salah nomor unggulan kita,” ungkapnya.

Seperti diketahui, cabang olahraga e-Sport untuk pertama kalinya akan dipertandingkan di ajang SEA Games 2019.

Sebelumnya, cabang ini sudah pernah diperlombakan di ajang multievent sekelas Asian Games 2018. Saat itu, Indonesia berhasil meraih total satu emas dari nomor Clash Royale dan satu perak dari nomor Hearthstone.

“Target saya di SEA Games 2019 nanti tentu harus lebih tinggi, yaitu emas,” tandas Joe Hendry Handisurya, atlet peraih medali perak untuk Indonesia dari nomor Hearthstone pada Asian Games 2018 lalu.