Foto: Istimewa

@Rayapos | Jakarta – Pelatih tim nasional bola basket Indonesia Fictor Roring mengatakan bahwa seluruh pemain akan mempersiapkan diri menghadapi Piala Wiliam Jones di Taiwan. Turnamen tersebut berlangsung pada 14-22 Juli 2018.

“Setelah itu kami langsung masuk ke persiapan terakhir Asian Games 2018 di Jakarta,” kata Ito, sapaan Fictor, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (13/7/2018).

Dia menjelaskan seluruh pemain mengikuti turnamen ini agar mampu bersaing dengan timnas Iran, Jepang, Lithuania, Korea Selatan dan dua tim nasional Taiwan.

“Kami mengikuti turnamen ini demi meningkatkan kemampuan dan kerja sama tim. Selain itu, kami pun ingin mengetahui calon-calon lawan kami di Asian Games nanti,” ujarnya.

Adapun peserta yang mengikuti merupakan klub-klub bola basket dari kawasan Asia dan Amerika juga turut berpartisipasi seperti 3D Global Sports Kanada sebagai juara bertahan dan Ateneo Blue Eagles dari Filipina.

Sebagai informasi, pelatih yang membawa Indonesia meraih medali perak SEA Games 2007 ini membawa 12 pemain ke Piala William Jones 2018.

Selain itu, pemain timnas bola basket putra Indonesia yang dibawa ke Piala William Jones ke-40 di Taiwan yakni Kaleb Ramot Gemilang, Abraham Damar Grahita, Andakara Prastawa Dhyaksa, Sandy Febiansyakh Kurniawan, Kevin Yonas Argadiba Sitorus, Ponsianus Nyoman Indrawan, Xaverius Prawiro, Valentino Wuwungan, Firman Dwi Nugroho, Arki Dikania Wisnu, Adhi Pratama Prasetyo Putra dan Kore Ricardo White.

Baca Juga:

Hadapi Wakil Kanada, Gregoria Mariska Akan Berebut Tiket Semifinal

Susi Himbau Publik Tetap Berikan Dukungan ke Pemain

Timnas bola basket putra Indonesia memang terus mengasah performa menjelang tampil di Asian Games 2018. Selain mengikuti pemusatan latihan di Indonesia dan pernah pula di Amerika Serikat, mereka juga mengikuti beberapa turnamen kompetitif.

Sebelumnya, pada akhir Juni 2018, timnas mengikuti putaran pertama prakualifikasi Piala Asia FIBA 2021 subzona Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) dan berhasil menjadi juara.

Timnas juga mereka sempat mengikuti SEABA Champions Cup 2018 pada Mei 2018 dengan menggunakan nama Pelita Jaya dan merebut posisi kedua.

Pada Februari 2018, timnas bola basket putra untuk Asian Games 2018 merengkuh juara di Turnamen Uji Coba “Invitation Tournament” menjelang Asian Games 2018 di Jakarta dengan menaklukkan tim kuat India pada laga pamungkas.