Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan saat menjelaskan kasus prostitusi online artis, Kamis (10/1/2019). Foto: JPNN

@Rayapos | Surabaya – Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan membeberkan transaksi prostitusi online yang melibatkan 45 artis dan 100 model bernilai fantastis.

Luki mengatakan, praktik bisnis layanan esek-esek yang melibatkan artis ini tergolong besar lantaran diduga transaksi transfer dalam kurun waktu selama satu tahu yang diduga berkaitan dengan prostitusi artis itu mencapai hingga miliaran rupiah.

Fakta otentik itu diperkuat dari data digital penelusuran data perbankan berupa transaksi transfer dari rekening satu tersangka mucikari prostitusi artis yaitu Endang Suhartini (37) alias Siska.
Pihaknya juga menetapkan mucikari Tantri (28) sebagai tersangka prostitusi artis.

“Dari data digital rekening koran (Mucikari) nilainya Rp 2,8 miliar,” ungkapnya saat doorstop di Gedung Rupatama Mapolda Jatim, Kamis (10/1/2019).

Kapolda Jatim menambahkan ada data otentik dari perbankan yang mengungkap nilai transaksi prostitusi artis ini. Transaksi prostitusi sebanyak itu diperoleh dari rekapan rekening koran tersangka mucikari ES.

“Kasus akan dikembangkan terus untuk mengungkap prostitusi artis ini,” imbuhnya.

Luki memastikan akan memanggil lima nama artis dari 43 artis yang diduga terlibat kasus prostitusi terselubung. Adapun inisial artis yang diduga terlibat jaringan prostitusi online yaitu inisial AC, TP, BS, ML dan RF.

“Akan kami panggil lima artis itu sebagai sakai untuk memperkuat penyidikan kasus tersebut,” pungkasnya.

Robby Abas Kenali Para Artis yang ‘Jualan’

Selain menangkap aktris Vanessa Angel (27), penyidik Polda Jatim terus melakukan pengembangan terkait prostitusi artis.

Lima hari setelah menangkap Vanessa Angel, Polda Jatim mengungkap, ada lima inisial artis yang juga terlibat dan masuk daftar dalam prostitusi online artis yang ramai diperbincangkan.

Mantan muncikari artis Robby Abbas, mengaku mengenal tiga dari lima inisial artis tersebut, yang diduga bekas kliennya saat ia masih menjadi muncikari artis, dulu.

Robby Abas
Robby Abas

“Tiga dari lima itu saya kenal. Tapi saya tidak mau ungkap siapa saja. Fakta prostitusi sudah dibuka, biarkan kepolisian yang membukanya,” kata Robby Abbas ketika ditemui wartawan di Gedung Trans TV, Jalan Kapten Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (11/1/2019).

Robby Abbas menerangkan, tiga dari lima inisial artis tersebut tidak bisa dipukul rata mengenai tarif sekali kencannya. Ia mengatakan tarif mereka pun bervariatif.

“Semuanya variatif. Jadi tergantung permintaan mereka aja, aku juga tidak tahu karena dua tahun ini sudah tidak jadi muncikari lagi,” tuturnya.

“Aku sudah enggak tahu soal price-price (harga) mereka lagi. Jadi enggak ngurusin kayak gituan lagi,” sambungnya.

Lantas, dari tiga inisial artis yang ia kenal, siapakah tarif yang paling mahal?

“Aku jujur ya sudah enggak tahu soal harga. Jadi ya aku enggak tahu siapa yang paling mahal dan murah atau yang paling populer siapa,” jawab Robby Abbas. (*)