Trik jitu beli barang lelang

Ilustrasi Lelang Mobil

@Rayapos.com | Jakarta: Besok, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui  Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan akan melelang sejumlah barang sitaan di Ruang Cendrawasih JCC rencananya dilakukan dalam empat sesi dan dimulai pukul 13.30 hingga pukul 14.15 WIB.

Ada 19 unit mobikl dengan berbagai merek dan modelnya. Selain mobil masih ada juga barang berharga lainnya seperti smartphone dan tas “branded” lainnya.

Meski barang rampasan, namun biasanya, lelang barang selalu menarik banyak peminat, terutama mereka yang memang pingin punya mobil atau barang obyek lelang yang tersedia dengan harga yang “miring”

Bayangkan, harga mobil yang dilelang cukup menggiurkan, mulai Rp28.875.000 untuk Isuzu Panther 2004, dan paling mahal Rp1.140.420.000, Jaguar XJL 2013.

Baca juga : Besok, 22 barang rampasan KPK dilelang di JCC

Meski harganya miring, tetapi tetap saja perlu trik-trik tertentu untuk bisa mendapatkan barang yang diinginkan dalam kondisi yang oke dan harga yang pas tentu saja.

“Harga awal mobil bekas di balai lelang memang terlihat murah. Namun ketika lelang berlangsung, harganya bisa berangsur naik seiring dengan banyaknya penawar. Tergantung jenis mobilnya, apakah incaran banyak orang atau tidak,” ungkap Punto Nugroho, Deputy Director PT BCA Finance, sepeprti dikutip dari AutoBild.

Nah, berikut ini, ada beberapa trik jitu yang bisa anda terapkan jika hendak membeli barang agar mendapat yang cocok dan bagus, sebagaimana dikutip dari beberapa sumber;

  1. Pelajari terlebih dahulu tata cara lelang. Pelajari bagaimana proses dan mekanisme dari awal sampai akhir lelang. Hal ini penting dilakukan agar Anda dapat menentukan langkah-langkah selanjutnya.
  2. Cek obyek lelang yang diinginkan. Jika ingin membeli mobil, teliti kondisinya, cek eksterior, interior, mesin juga kondisi fisiknya, termasuk spare-partnya. Demikian juga jika ingin membeli barang lelang bukan mobil. Lakukan cek dan recek terlebih dahulu, agat tidak kecewa di kemudian hari.
  3. Tetapkan batas lelang. Apabila harga yang ditawarkan telah melebihi budget yang anda tetapkan, sebaiknya tahan keinginan anda agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.
    Bila barang yang dibeli sudah di tangan, segera urus surat kepemilikan atau balik nama. Terkadang beberapa lembaga pembiayaan ada yang menawarkan jasa balik nama. Ini bisa kita manfaatkan bila ingin langsung mengubah nama pemilik kendaraan dari pemilik sebelumnya menjadi nama kita.
  4. Terakhir yang tidak kalah penting adalah minta buku servis. Di sini bisa dicek apakah mobil ini melakukan perawatan rutin atau tidak. Selain itu juga bisa mengecek nama di buku servis berbeda atau tidak dengan STNK. Bila berbeda ada kemungkinan pernah digadaikan.

Comments

comments