(Foto: Anthony Wallace/Pool via Reuters)

@Rayapos | Buenos Aires – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membahas mengenai rencana pertemuannya dengan pimpinan tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un. Trump menyebut pertemuan tersebut kemungkinan dihelat awal 2019.

Dilansir dari Reuters, Minggu (2/12/2018), Trump menyatakan hal tersebut sesaat sebelum kembali AS usai menghadiri KTT G20 di Buenos Aires, Argentina.

Baca juga:

Begini Pesan Terakhir Habib Bahar di Reuni Akbar 212

Sandi: Reuni 212 Berkah Bagi UMKM dan Pariwisata DKI

“Kami bergaul dengan sangat baik. Kita memiliki hubungan yang baik,” ujar Trump.

Trump juga menyatakan ada kemungkinan mengundang Kim Jong Un untuk datang ke AS.

Trump di sela acara KTT G20 juga sempat bertemu dengan Presiden China Xi Jinping. Xi dan Trump disebut-sebut membahas hal positif mengenai rencana Semenanjung Korea yang bebas nuklir.

Wakil Presiden AS Mike Pence pada bulan lalu juga sempat mengatakan bahwa Trump akan mendorong adanya rencana konkret mengenai upaya mengakhiri program senjata di Pyongyang. Diharapkan rencana itu akan konkret dari hasil pertemuan Trump dan Kim Jong Un mendatang.

Sebelumnya diakui Trump bahwa perundingan antara AS dan Korut mencapai kemajuan ‘luar biasa’. Menurut Trump, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo melakukan perundingan yang sangat baik dengan Kim Jong-Un dalam kunjungan keempat ke Korut pada akhir pekan lalu.

Disebutkan juga oleh Trump, tiga atau empat lokasi tengah dipertimbangkan sebagai tempat pertemuan kedua dengan Kim Jong-Un.

Pertemuan pertama yang bersejarah antara Trump dan Kim Jong-Un digelar pada 12 Juni lalu di Singapura. Dalam pertemuan itu, Kim Jong-Un berjanji untuk mengupayakan langkah-langkah menuju denuklirisasi Semenanjung Korea. Namun janji itu tidak juga ditepati. Permintaan AS agar Korut melakukan pendataan menyeluruh atas persenjataan dan fasilitas dan menyerahkan senjata nuklirnya, belum juga diwujudkan.

BAGIKAN