Arsitek Liverpool, Jurgen Klopp

@Rayapos | Jakarta – Jurgen Klopp mulai menuai kritik. Kecaman terhadap arsitek Liverpool ini terkait belanja pemain yang tergolong cukup mewah. Terutama untuk kiper Alisson Becker hingga memecahkan rekor transfer dunia sebesar £67 juta.

Padahal dua tahun lalu ketika Manchester United membayar sekitar £90 juta untuk Paul Pogba, Klopp menyindirnya akan meninggalkan sepakbola apabila harga pemain menjadi semakin tidak wajar.

“Saya akan melakukan apapun untuk membuat Liverpool sukses,” ujar Klopp jelang laga International Champions Cup (ICC) 2018 di Amerika Serikat, Minggu (22/7/2018).

Dalam setahun belakangan, Klopp justru membelanjakan total lebih dari £180 juta dengan merekrut pemain-pemain yang diincarnya. Pemain tersebut diantaranya Naby Keita, Fabinho, Xherdan Shaqiri, Virgil van Dijk.

Menanggapi hal itu tersebut, juru taktik berkebangsaan Jerman ini berdalih bahwa aktivitas transfer pemain di masa sekarang ini memang telah mengalami perubahan.

“Pertama dan yang utama tanggung jawab saya adalah membuat klub ini sukses. Bukan soal mendorong opini atau berkata ‘Tidak, saya tidak ingin membeli pemain, saya tak ingin membayar banyak uang’ dan pada akhirnya Liverpool tidak sukses,” jelasnya.

Baca Juga:

Klopp: Salah Siap Bela Liverpool

Ibrahimovic: Saya Akan Jadi Presiden AS

“Kami memiliki tim yang sangat bagus, skuat yang sangat bagus dan untuk berkembang itu mahal. Untuk mencari pemain yang lebih baik dari yang sudah kami miliki, itu tidak sama seperti sekadar menunggu di pojokan.”

Dengan komposisi pemain yang telah dimilikinya, Klopp mengaku puas dengan komposisi skuat Liverpool yang ada sekarang ini.

“Saya pikir sejauh ini menjadi tahun yang bagus bagi kami. Skuat yang sangat bagus, cukup sukses musim lalu dan memainkan sepakbola indah, tapi kami tetap butuh mengganti pemain,” tukasnya.