Ust Basamalah: Diaspora Qatar Doakan Pemimpin Indonesia

Ustadz kondang Dr. Syafiq Basalamah, MA (Foto: Istimewa)

@Rayapos | Doha: Ustadz kondang Dr.Syafiq Basalamah,MA menyerukan agar komunitas diaspora Indonesia di Qatar untuk menjaga persatuan dan dan mendoakan para pemimpin Indonesia agar menjalankan pemerintahan demi kemakmuran rakyat.

Minister Counsellor KBRI Doha Boy Dharmawan, Sabtu (28/1), mengatakan kunjungan ustadz Basalamah merupakan kerja sama diapora Indonesia dengan Kementerian Wakaf Qatar dan Urusan Islam Qatar.

Rangkaian ceramah agama di berbagai kota di Qatar seperti Doha, Wakrah dan Alkhor berlangsung 24-26 Januari 2017. Kunjungan ustadz Basalamah merupakan bagian dari rangkaian lawatan ketiga negara yaitu Oman, Qatar dan UEA.

Dalam sambutannya, Dubes Indonesia untuk Qatar, Marsekal (Purn) Muhammad Basri Sidehabi, menghargai peran Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa) yang diketuai Edwin Kurniawan untuk mempromosikan kegiatan sosial keagamaan dengan menyelenggarakan berbagai ceramah agama di Qatar.

“Ormas-ormas dibawah koordinasi Permiqa berperan penting dalam meningkatkan hubungan harmonis antara ulama dan umaroh di Qatar sekaligus mempromosikan hubungan baik kedua negara, khususnya promosi sosial-budaya,” ujar Dubes Basri.

Mantan anggota DPR tersebut menghimbau agar WNI selalu menghormati hukum dan tradisi Qatar.

“Komunitas Indonesia di Qatar diharapkan untuk selalu menjunjung peraturan dan adat istiadat di Qatar dan membantu memperkuat hubungan persahabatan kedua negara. Dengan adanya kegiatan ceramah agama ini diharapkan hubungan kedua negara menjadi lebih baik di masa mendatang.

Hadir dalam ceramah tersebut tidak hanya masyarakat Indonesia tetapi juga dari negara-negara anggota Asean seperti Malaysia, Brunei, dan Qatar yang datang dari berbagai kota di Qatar seperti Doha, Dukhan, Al Khor, Mesaieed dan Al Wakra.

Panitia acara Ustadz Syukron Habibie, rangkaian ceramah bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai agama Islam dan ketaqwaan umat Islam. Faisal W, salah satu penyelenggara mengatakan kuliah telah diberikan di Aula Markaz Abdulla Bi Zaid (Fanar), Balai Eid Charity Hazm Markhiyah, Masjid Abdul Jalli Ghani (Wakrah) Al Waha Klub (AlKhor Community).

Menurut pejabat KBRI Doha, Boy Dharmawan, dalam setiap ceramahnya, Dr. Bassalamah menghimbau masyarakat agar tidak lupa memberikan doanya sebagai bagian dari kontribusi umat kepada para pemimpin bangsa agar tetap amanah dan istiqamah dalam menjalankan roda pemerintahan. Ustad Basalamah juga menghimbau masyarakat Indonesia di Qatar turut menjaga persatuan dan kesatuan khususnya di Qatar.

Acara ini merupakan bagian dari promosi sosial keagamaan Indonesia di Qatar mengingat partisipasi tidak hanya dari masyarakat Indonesia tetapi juga ekspatriat asing dari berbagai negara di Qatar.Ceramah agama ini juga diliput radio di Indonesia dan disiarkan secara langsung melalui live streaming.

Comments

comments