Kim Kardashian dan Kylie Jenner (instagram)

@Rayapos | Jakarta – Nama keluarga Kardashian-Jenner mendadak dikenal dunia pada awal tahun 2000-an. Kala itu, skandal video seks anak kedua dari keluarga tersebut, Kim Kardashian, tersebar dan menjadi viral di internet.

Di tengah pembicaraan dan pergunjingan publik, sang ibu, Kris, berhasil membawa kisah kehidupan keluarganya ke dalam reality show. Karena banyak yang penasaran dengan sosok Kim, serial “Keeping Up With the Kardashians” (KUWTK) langsung melejit sejak episode pertamanya tayang di televisi.

Sejak itu, KUWTK terus menjadi program reality show nomor 1 di Amerika. Sekaligus satu-satunya program reality yang bertahan hingga musim ke-16 (akan tayang di akhir bulan Maret ini).

Meski realita keluarga ini menjadi “drama” tv, tetapi mereka berhasil meraup keuntungan besar. Tak hanya dibayar dengan jumlah mencapai milyaran rupiah per episode, berbagai bisnis dunia hiburan pun turut mengontrak setiap anggota keluarga KarJenner demi menarik perhatian penggemar, sebut saja endorse berbagai brand ternama dengan bayaran yang juga bernilai fantastis.

Selain itu, masing-masing anggota keluarga juga membangun bisnis menggunakan kekuatan ketenaran nama masing-masing.

Kini, bungsu dari klan Kardashian-Jenner, yakni Kylie Jenner telah menjadi anak tersukses dalam keluarga itu. Model dan pebisnis ini pun sudah resmi menjadi miliarder termuda di dunia versi Forbes. Ia menjadi milenial terkaya di dunia.  Bahkan berhasil mengalahkan Kim Kardashian yang selama ini selalu menjadi bintang dalam keluarga Kar-Jenner.

Menurut Forbes, kekayaan Kylie Jenner mencapai USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,2 triliun (USD 1 = Rp 14.279). Sementara Kim Kardashian ditaksir memiliki harta USD 350 juta (Rp 4,9 triliun).

Hebatnya lagi, jumlah kekayaan Kylie melebihi seluruh keluarganya. Kedua orang tuanya, Caitlyn (Bruce Jenner) dan Kris, memiliki harta gabungan USD 160 juta (Rp 2,2 triliun). Sedangkan, kakaknya yang lain, Kourtney dan Khloe masing-masing dilaporkan memiliki harta USD 35 juta (Rp 499,7 miliar) dan USD 40 juta (Rp 571 miliar) serta Kendall Jenner yang memiliki USD 18 juta (Rp 257 miliar).

Bagaimana cara sang bungsu berhasil mendapatkan kekayaan melebihi seluruh harta keluarganya?

Kylie, yang kehidupannya diikuti kamera setiap harinya sejak usianya 10 tahun lihai melihat dan memanfaatkan ketenaran nama keluarganya untuk membangun platform bisnis bagi dirinya sendiri. Ketika berusia 15 tahun, Kylie dan kakak kandungnya, Kendall Jenner membuat lini pakaian Kendall&Kylie.

Sukses dengan merek dagang itu, Kylie kemudian mengasah hobi berdandan dan menjadikan hal itu sebagai bisnis. Di penghujung 2015, Kylie Jenner merilis Kylie Lip Kit, yakni satu paket yang terdiri dari sebuah lipstick dan lip liner yang dijula seharga $29 atau setara Rp 420,000.

Ia dikatakan menggunakan modal awal sebesar $250,000 (setara Rp 3,5 miliar), yang didapatnya dari gaji KUWTK serta mengikuti beberapa modeling gig untuk produksi awal 15.000 lip kit.

Memanfaatkan kekuatannya di media sosial, Instagram, Twitter dan Snapchat, wanita 21 tahun itu terus mempromosikan Lip Kit-nya. Ia pun berhasil menjual habis seluruh produk pada perilisan pertama hanya dalam hitungan menit.

“Saya melakukan apa yang biasanya saya lakukan di media sosial, dan itu berhasil,” ungkap Kylie kepada Forbes.

Hanya dalam waktu tiga tahun, Kylie telah sukses memiliki kerajaan bisnis Kylie Cosmetics. Brand yang awalnya hanya menjual lipstick secara online, merambah penjualannya dengan berbagai macam koleksi makeup.

“Ini kekuatan media sosial. Saya memiliki jangkauan yang kuat sebelum saya dapat memulai apa pun,” ujarnya lagi.

Apalagi sejak bekerja sama dengan Ulta Beauty, pendapatan usaha Kylie semakin tinggi. Enam minggu setelah kontrak dengan Ulta, Kylie Cosmetic berhasil menjual produk dengan total USD 54,5 juta atau sekitar Rp 770,8 miliar, berdasarkan estimasi Oppenheimer.

Laba bersih Kylie Cosmetic naik sekitar 9 persen tahun lalu (2018) dan diestimasikan bernilai rata-rata USD 360 juta atau Rp 5,09 triliun. Dengan pertumbuhan bisnis yang cepat, Forbes memprediksi perusahaan milik wanita muda yang telah memiliki seorang putri ini bernilai setidaknya USD 900 juta atau Rp 12,7 triliun.

Kini, Kylie dinyatakan memiliki kekayaan sekitar USD 1 miliar. Dia menjadi orang terkaya paling muda dunia, mengalahkan bos Facebook, Mark Zuckerberg yang menjadi orang terkaya di usia 23 tahun, dikutip dari Forbes.

“Saya tidak berharap apapun. Saya tidak meramalkan hal di masa depan. Namun diberikan titel seperti ini memang menyenangkan. Itu seperti mendapat tepukan bagus di pundak,” ungkapnya.

BAGIKAN