Foto Prakash Bilhore, Dadaro Bilhore menutup lubang jalan (youtube/aj+)

@Rayapos | Jakarta – Seorang pria asal Mumbai, India menarik perhatian banyak orang berkat aksinya menambal seluruh jalanan berlubang yang ia temui. Hal itu dilakukan karena ia tak ingin merasakan kehilangan seperti yang ia alami.

Adalah Dadaro Bilhore, 48, yang selama tiga tahun belakangan dengan sukarela turun ke jalanan membawa sekop, kerikil dan pasir untuk menutupi satu per satu lubang jalanan di kota berpenduduk 20 juta orang itu. Ia selalu menyediakan peralatannya di mobil sementara ia mengumpulkan batu-batu dari tempat konstruksi untuk menutup lubang di jalan.

Dadaro mulai melakukan hal mulia itu sejak putranya, Prakash, meninggal dunia setelah motor yang digunakannya masuk ke dalam lubang di jalanan.

Kejadian itu terjadi pada tahun 2015. Prakash yang berusia 16 tahun saat itu menumpangi motor yang dikendarai sepupunya dengan tidak mengenakan helm. Saat motor masuk ke lubang, ia terpental ke udara sehingga mengalami cedera otak parah yang merenggut nyawanya.

Dadaro Bilhore pun menyalahkan lubang di jalan atas kematian putranya. Tak ingin orang lain mengalami kejadian yang sama, ia pun berinisiatif untuk menutupi setiap lubang jalanan di Mumbai.

“Kematian mendadak Prakash meninggalkan lubang besar di kehidupan kami. Saya melakukan ini demi mengenang dan menghormati dia,” ujar Bilhore seperti dilansir AFP.

“Saya tidak ingin orang lain kehilangan orang yang dicintai seperti kami,” lanjutnya.

Hingga saat ini, Bilhore yang sehari-harinya bekerja sebagai tukang sayur mengaku telah menambal hampir 600 lubang jalanan Mumbai. Kebanyakan pekerjaan mulia itu ia lakukan sendiri, namun tak jarang ia mendapat bantuan dari beberapa relawan yang tersentuh dengan kisahnya.

BAGIKAN