Screenshot Youtube

@Rayapos | Jakarta – Beredar video wanita bernama Vera menuding Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencabut 13 izin pulau reklamasi hanya untuk gagah-gagahan. Video itu diunggah 1 Oktober 2018 melalui channel Youtube InfoForU.

Dalam video itu Vera menjelaskan 13 pulau yang dicabut memang belum memiliki izin. Hal itu berbeda dengan 3 pulau, C, D dan G yang sudah terlanjur terbentuk lantaran sudah memiliki izin reklamasi.

Baca juga:

Video Marah Susi, Sandiaga: Nanti Kami Bicara Sebelum Saya Ditenggelamkan

Dibayar Milyaran, Patricia Gouw Tolak Main Film Horor

“Gini loh 13 itu baru memiliki izin prinsip, izin prinsip itu apa artinya? baru ngantonginin surat izin doang dari Gubernur DKI atau menteri,” kata Vera.

Untuk izin prinsip memiliki 3 bagian, yaitu untuk bagian yang paling kecil pengembang harus menunjukan kepada pemerintah jika pengembang memiliki uang sebesar Rp 500 juta.

Dan untuk bagian sedang Rp 500 juta sampai 10 Milliar, sedangkan untuk bagian ketiga yang terbesar pengembang harus menunjukan uang sebesar Rp 10 Milliar.

“Jadi kalau baru punya izin prinsip dia baru ngantongin surat ijin doang, belum tentu dia bisa nguruk pulau apa enggak, kalau pun mau diuruk apa enggak tergantung uangnya, karena yang namanya nguruk pulau ini juga (biayanya) gak sedikit,” jelasnya.

Lantas bagaimana dengan 3 pulau yang sudah terlanjur dibangun, yakni pulau C,D dan G?

Disebut Vera ketiga pulau tersebut sudah memiliki izin reklamasi sehingga pengembang bisa membuat bangunan di atas pulau tersebut. Seperti membangun rumah, perkantoran dan tempat rekreasi.

“Bahkan untuk niaga kaya semacam toko, ruko atau perkantoran, jadi kalau sudah punya izin reklamasi itu dia (pengembang) sudah bisa mendirikan bangunan,” ucapnya.

Diketahui, sebelum mencabut izin 13 secara permanen, pada Juli lalu Anies menyegel 932 bangunan yang sudah berdiri di atas pulau D karena dianggap belum memiliki Izin Membuat Bangunan (IMB).

Vera juga menuding tindakan itu dilakukan Anies hanya untuk gagah-gagahan. Padahal menurut dia ketika pengembang sudah memiliki izin reklamasi maka bisa ditafsirkan pengembang sudah memiliki izin untuk mendirikan bangunan.

“Yang namanya punya ijin reklamasi kan artinya sudah bisa mendirikan bangunan, tinggal di urus lagi nanti, satu persatu bangunnnya untuk diurus surat IMB nya, sedangkan untuk bikin bangunannya itu sudah sah, sudah legal, itu sudah dalam proses, tapi cuma biar keliatan gagah, kalau dia bisa segel,” katanya.

Ia menduga, nantinya Anies bakal mencabut kembali penyegelan bangunan tersebut setelah proses pembuatan IMB selesai.

Begini ucapan lengkap Vera di video tersebut: