Wajong: Dorong Harga Beli, Disperindag Akan Lakukan Pertemuan Pedagang Dan Pembeli

@Rayapos | Manado:  Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan melakukan pertemuan pedagang-pembeli komoditas di daerah tersebut guna mendorong harga beli yang menguntungkan petani.

“Dalam waktu dekat kami akan kumpulkan sejumlah pedagang pengumpul komoditas unggulan Sulut agar mereka juga memperhatikan nasib petani,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Hanny Wajong di Manado, Selasa (24/1/2017).

Hanny mengatakan pertemuan ini sangat penting, agar pedagang pembeli tidak seenaknya menurunkan harga jual komoditas unggulan Sulut.

“Kami ingin petani dan pedagang pengumpul sama-sama mendapatkan keuntungan dan nilai tambah yang lebih,” katanya.

Jadi, katanya, jangan sampai pedagang pengumpul menekan harga beli ke petani.

Komoditas unggulan Sulut yang laris manis di pasaran yakni kopra, cengkih, biji pala, bunga pala dan vanili.

Saat ini, katanya, harga sejumlah komoditas unggulan Sulut mulai membaik, untuk kopra meningkat menjadi Rp12 ribu per kilogram, vanili Rp250 ribu per kg.

Dan, katanya, cengkih naik lagi menjadi Rp96 ribu per kg, biji pala Rp70 ribu per kg dan bunga pala atau fuli sebesar Rp120 ribu per kg.

Dia berharap harga ini akan terus meningkat sehingga kesejahteraan petani semakin naik.

“Kami akan terus mengawasi, walaupun sebenarnya ini merupakan barang bebas, sehingga naik-turunnya harga ditentukan oleh pasar,” jelasnya.

Comments

comments

LEAVE A REPLY