Waketum Demokrat: Penangkapan Patrialis Akbar Tidak Ada Kaitan Dengan Partai Demokrat

@Rayapos | Jakarta: Partai Demokrat lewat Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Syarief Hasan angkat bicara terkait gonjang ganjing seputar penangkapan hakim konstitusi Patrialis Akbar.

Pasalnya, banyak selentingan yang mulai mengaitkan penangkapan Patrialis dengan Partai Demokrat, khususnya Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Adapun yang disorot publik adalah masalah pengangkatan Patrialis sebagai hakim agung yang dianggap dipenuhi berbagai kepentingan.

Seperti diketahui, karir Patrialis di dunia yudisial Indonesia melejit ketika SBY masih menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

“Enggak ada kaitannya dong. Kenapa kok masalah lalu yang dikait-kaitkan, sementara keja­diannya sekarang. Kan enggak ada relevansinya,” kata Syarief di Jakarta, Minggu (29/1).

Syarief menegaskan bahwa penunjukkan Patrialis menjadi salah satu hakim di Mahkamah Konstitusi (MK) sudah sesuai dengan prosedur.

“Sebenarnya peraturan Undang-undangnya begitu. Kalau enggak setuju ya UU-nya di-judicial review,” ujar Syarief.

Patrialis sendiri awalnya merupakan kader Partai Amanat Nasional (PAN) ketika mulai merambah karirnya di percaturan politik nasional.

Menjadi kader PAN jugalah yang kemudian mengantar Patrialis menuju Senayan dan menjabat sebagai legislator selama dua periode dengan berbagai jabatan strategis.

Setelah pensiun dari Senayan, Patrialis kemudian mengarungi karirnya sebagai seorang pejabat publik di jaman pemerintahan SBY. Patrialis sendiri tidak pernah menjadi kader Partai Demokrat.

Comments

comments

LEAVE A REPLY