Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan (FOTO: RAYAPOS/ANDREW TITO)

@Rayapos | Jakarta – Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan dicegah bepergian ke luar negeri. Apa alasannya?

“Humas hanya menyampaikan surat permohonan sudah diterima,” ucap Kabag Humas Imigrasi Theodorus Simarmata, Minggu (28/10/2018).

Namun dia tidak menyebutkan apa status hukum Taufik dalam suratnya. Selain itu, dia juga tidak menyampaikan apa perkara yang berkaitan dengan permintaan cegah itu.

Baca juga:

Video… Merah Putih Diturunkan Diganti Bendera Hitam

Soal Wagub Baru DKI, Anies Harus Mau Dikawinkan Paksa

Sebelum dicegat, Taufik pernah menjalani pemeriksaan di KPK pada Rabu, 5 September lalu. Saat itu dia mengaku menjalani pemeriksaan terkait penyelidikan kasus soal APBN.

“Saya terima kasih diberi kesempatan oleh KPK untuk menjelaskan terkait mekanisme penganggaran di DPR. Artinya, pembahasan mekanisme yang terkait proses APBN sudah saya sampaikan ke penyelidik secara keseluruhan,” ucap Taufik di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (5/9/2018).

Namun Taufik tidak menjawab detail soal penyelidikan itu. Dia hanya menyebut keterangan terkait penganggaran, termasuk urusan mafia anggaran hingga dana alokasi khusus.

“Semua, semuanya, termasuk yang mekanisme keseluruhan. Saya bukan saksi. Saya hanya dimintai keterangan mengenai proses pembahasan, penganggaran secara mekanisme. Dana alokasi khusus semua, mafia anggaran semua,” ucapnya.

“Ini penyelidikan,” imbuh Taufik.