Walkot: Saber Pungli Wujudkan Pemerintahan Bersih

@Rayapos | Magelang: Kehadiran Tim Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Magelang, Jawa Tengah, mendukung upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah semakin kuat, kata Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito.

“Maka laksanakan tugas dengan baik, guna mendukung upaya mewujudkan pemerintahan yang baik, melayani masyarakat, mewujudkan ‘good governance’ (tata kelola pemerintahan yang baik) dan ‘clean government‘ (pemerintahan yang bertanggung jawab),” katanya di Magelang, Rabu (25/1).

Wali Kota Sigit mengatakan hal itu ketika mengukuhkan Tim Saber Pungli tingkat Kota Magelang di Pendopo Pengabdian Rumah Dinas Wali Kota Magelang yang antara lain dihadiri Ketua DPRD Endi Dharmawan, Wakil Wali Kota Windari Agustina, dan Sekda Sugiharto.

Tim Saber Pungli Kota Magelang beranggota perwakilan dari berbagai unsur instansi dengan ketua Komisaris Polisi Muh Imron, dilengkapi sejumlah kelompok kerja, antara lain intelejen, pencegahan, penindakan, dan yustisi.

Sigit mengingatkan anggota tim itu melaksanakan tugas secara saksama demi membangun kemajuan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Magelang.

“Jangan sia-siakan kepercayaan, apalagi sekarang kepercayaan masyarakat kepada pemerintah semakin membanggakan,” katanya.

Ia mengemukakan pembinaan pimpinan instansi pemerintahan kepada aparat terus menerus dilaksanakan.

“Sampai tingkat camat dan lurah, sudah saya instruksikan (Membangun tata kelola pemerintahan yang baik dan pemerintahan yang bertanggung jawab, red.). Di kelurahan sudah tidak ada kotak, di polisi juga ‘resik’ (bersih, red.), di kejaksaan malah ‘ora ono’ (tidak ada, red.),” katanya.

Ketua Saber Pungli Kota Magelang yang juga Wakil Kepala Polres Magelang Kota Kompol Muh Imron mempersilakan masyarakat menyampaikan laporan kepada satgas itu jika menjumpai praktik pungli di berbagai instansi pemerintah yang memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Masyarakat membantu satgas ini, memberikan laporan kepada satgas bila menjumpai pungli, akan kami tindaklanjuti,” katanya. [ant]

Comments

comments

LEAVE A REPLY