Wamenkeu: Akuntan Jadi Auditor Dana Desa

@Rayapos | Jakarta: Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengharapkan akuntan bisa menjadi auditor untuk evaluasi dana desa yang saat ini menjadi salah satu program pemerintah.

“Hal ini diperlukan untuk evaluasi. Dulu mungkin tidak ada evaluasi untuk dana desa, sekarang sudah ada,” kata Mardiasmo saat memberi sambutan dalam seminar nasional “Pilar Kompetensi Akuntan dalam Arsitektur Profesi Akuntan Indonesia” di kantor Kemenkeu, Jakarta, Senin.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa mahasiswa jurusan akuntansi harus lebih progresif dan berani untuk meningkatkan mutu.

“Jangan takut dengan akuntan yang lainnya, kita harus lebih progresif dan berani dengan keberadaan akuntan yang banyak saat ini,” ucap Mardiasmo.

Oleh karena itu, kata dia, profesi akuntan harus ditingkatkan melalui pendidikan di kampus karena nantinya akan menjadi “pabrik” yang menghasilkan akuntan.

Menurutnya, akuntan harus menjadi akuntan profesional untuk itu ada tiga pilar yang harus dijalani, yaitu pendidikan, pelatihan, dan uji kompetensi sehingga perlu juga sinergisitas antar berbagai pihak yang kompeten untuk akuntan yang bermartabat.

“Pendidikan di kampus harus jelas dan pelatihan seperti apa harus dikondisikan. Setelah itu dilakukan uji kompetensi akuntan mencakup standar kompetensi dan peraturan yang relevan di bidang akuntansi,” ujarnya.

Ia juga berharap akuntan Indonesia bisa disegani negara lain.

“Akuntansi menjadi bahasa global yang membawa konsekuensi, yaitu kebutuhan standar kompetensi yang juga global. Nanti sama-sama akuntan dari Thailand, Singapura, dan Laos mempunyai standar dan acuan yang sama,” tuturnya.[ant]

BAGIKAN

LEAVE A REPLY