Warga KEK Mandalika “Diguyur” Bantuan BUMN

@Rayapos | Lombok Tengah: Sejumlah perusahaan di bawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara menyerahkan bantuan senilai Rp9,1 miliar kepada kelompok masyarakat di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (27/1).

Penyerahan dana bantuan untuk peningkatan kualitas pendidikan, pemberdayaan sumber daya manusia, ekonomi, sosial dan budaya tersebut dilakukan oleh masing-masing direktur utama perusahaan di bawah Kementerian BUMN.

Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin menyaksikan penyerahan dana bantuan tersebut.

Perusahaan yang menyerahkan bantuan untuk bidang pendidikan, sosial dan lingkungan adalah PT Askrindo berupa satu unit mobil pintar, PT ITDC Rp1,2 miliar, PT Jasa Raharja Rp305 juta, PT Pelindo IV senilai Rp120 juta, PT Garuda Rp28 juta dan PT EMI Rp28 juta.

Selanjutnya, PT BRI senilai Rp1,4 miliar, DKB Rp7,5 juta untuk pengadaan pakaian dan alat kesenian tradisional gendang belek, PT Semen Indonesia Rp300 juta untuk pembangunan rumah ibadah, dan PT Pusri Rp90 juta untuk bantuan pengurusan akta nikah.

Untuk perusahaan yang menyerahkan bantuan untuk perbaikan sarana umum bagi masyarakat, yakni PT BNI senilai Rp563 juta, PT INTE Rp24 juta, PT Bank Mandiri Rp1,4 miliar, PT Waskita Rp105 juta dan PT Wika Rp100 juta.

Sementara perusahaan yang menyalurkan bantuan untuk pembangunan sarana umum dan pengembangan ekonomi daerah adalah PT Jiwasraya senilai Rp519 juta, PT Kereta Api Indonesia Rp102 juta, PT Pelindo I Rp275 juta dan PT Pelindo III Rp551 juta.

Selain itu, PT IPC Rp551 juta, PT Perikanan Indonesia Rp63 juta, PT Peruri Rp100 juta dan PT PLN Rp282 juta.

Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin mengapresiasi bantuan BUMN yang langsung diserahkan oleh direktur utama dan disaksikan Menteri BUMN Rini Soemarno.

“Ini luar biasa. Selama 26 tahun, saya kira hari ini menjadi tonggak sejarah. Saya berharap bantuan tersebut bisa menggerakkan ekonomi masyarakat Mandalika,” katanya.

Menteri BUMN Rini Soemarno juga dijadwalkan menyerahkan bantuan kepada SDN 3 Sembalun di Kabupaten Lombok Timur, dan merenovasi rumah guru serta memberikan bantuan bagi petani bawang, pada Sabtu (28/1).

Penyerahan bantuan tersebut merupakan rangkaian kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) BUMN Bersama 2017 yang dipusatkan di KEK Mandalika. [ant]

Comments

comments

LEAVE A REPLY