Warga siapkan syukuran pelantikan Gubernur dan Wagub DI Yogyakarta

@Rayapos.com | Yogyakarta : Warga Yogyakarta antusias menyambut  rencana pelantikan Sri Sulran  Hamengku Buwono X dan Sri Paduka Paku Alam X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk periode 2017 – 2011.

Seperti diketahui, pelantikan  Gubernur dan  Wakil Gubernur DIY  oleh Presiden Joko Widodo akan dilaksanakan Selasa (10/10/2019) sore nanti di Istana Negara, Jakarta pukul 15.45 WIB.

Menurut rencana,  pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY itu akan disambut dengan syukuran di depan Gedung Agung, tepatnya di Jalan Ahmad Yani, Kota Yogyakarta, Selasa (10/10/2017) sore pukul 15.00 – 17.00 WIB.

Acara syukuran tersebut  terbuka untuk umum. Salah seorang anggota Sekber Keistimewaan DIY, Widihasto Wasana Putra, mengatakan, pihaknya sudah menyebar undangan melalui media sosial untuk menghadiri acara syukuran pelantikan gubernur dan wakil gubernur.

Dia berharap masyarakat yang ikut mengenakan busana adat nusantara dan atau seragam organisasi atau komunitas masing-masing.

“Masyarakat diperkenankan turut berpartisipasi menampilkan ragam ekspresi seni budaya,” katanya.

Semula, pelantikan Gubernur dan wakil Gubernur DIY dijadwalkan tanggal 16 Oktober pekan depan bersamaan dengan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Namun, pelantikan Sri Sultan HB X dan Sri Paduka Paku Alam X ternyata dimajukan oleh Pemerintah Pusat. Belum diketahui  alasan dimajukannya pelantikan Pimpinan porpinsi Istimewa Yogyakarta itu.

Seperti diketahui, masa jabatan Sultan HB X dan wakilnya periode sebelumnya telah berakhir pada Oktober 2017. Sesuai dengan UU Keistimewaan DIY, Sultan HB X dan Paku Alam X kembali ditetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur (Wagub) DIY.

Sri Sultan Hamengkubuwono X kembali ditetapkan sebagai Gubernur DIY, Rabu (2/8/2017). Pengukuhannya sebagai gubernur untuk periode 2017-2022 digelar di DPRD DIY di Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta.