@Rayapos | Jakarta – Siapa yang tidak kenal pemutar musik Winamp? Setelah sempat meredup akibat banyaknya aplikasi serupa lainnya, layanan pemutar musik yang populer diakhir era 90an ini rencananya akan kembali eksis dengan format baru.

Rencana peluncuran tersebut diungkap langsung oleh perusahaan yang membeli Winamp pada 2014 silam, Radionomy. Aplikasi Winamp versi terbaru kabarnya dirilis pada tahun 2019 mendatang.

Sebagaimana dilansir laman The Verge, Selasa (16/10/2018), format baru Winamp dikabarkan akan diluncurkan sebagai aplikasi pemutar musik all-in-one baik untuk desktop maupun smartphone.

CEO Radionomy, Alexandre Sanoundjian mengatakan bahwa aplikasi Winamp versi terbaru juga akan mendukung kemampuan streaming musik hingga podcast.

“Akan ada versi yang benar-benar baru di tahun depan. Dengan warisan besar yang dimiliki Winamp tapi disertai pengalaman mendengarkan musik yang lebih lengkap,” tutur Sanoundjian.

Baca Juga:

Facebook Segera Tambah Fitur ‘Penarik Pesan’

Facebook Digugat Karena Beri Akses Dagang Seksual

Permintaan PC Melonjak, Intel Kekurangan Chip

“Anda tidak hanya akan bisa mendengarkan musik yang Anda miliki di rumah, tapi juga musik di awan (streaming), podcast, streaming radio, dan daftar lagu yang telah Anda buat.”

Sayangnya, Sanoundjian enggan menjelaskan lebih rinci seperti apa Winamp baru sesungguhnya. Ia pun tak memberi keterangan apakah Winamp akan terintegrasi dengan Spotify, Apple Music, atau platform lain untuk menghadirkan layanan streaming.

Pada kesempatan ini, Sanoundjian pun tidak menyampaikan secara rinci kapan tanggal dan bulan Winamp versi baru ini akan diluncurkan. Winamp sendiri pertama kali dirilis pada tahun 1996.

Kala itu Winamp menjadi layanan yang populer untuk memutar musik dan saluran radio. Pada Desember 2013 Winamp sempat mengucapkan salam perpisahan pada para penggunanya. Winamp kalah bersaing dengan layanan streaming musik Spotify.

Versi terakhir Winamp yang pernah dirilis bertahun-tahun silam adalah Winamp 5. Jadi kemungkinan besar versi baru yang akan dirilis tahun depan akan mengusung nama Winamp 6.

BAGIKAN