Patung GWK Bali (tripzilla.id)

@Rayapos | Jakarta – Setiap negara berlomba membangun ikon yang bisa membanggakan namanya di dunia, seperti gedung tertinggi dan megah, monument hingga patung ikonik.

Siapa sangka, dalam urusan patung ikonik, Indonesia kini menduduki posisi kedua di dunia dengan kehadiran patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali.

Berikut daftar 5 patung tertinggi di dunia beserta.

1.Spring Temple Buddha, China

Spring Temple Buddha di China (Spring Temple Buddha)
Spring Temple Buddha di China (Spring Temple Buddha)

Patung Spring Temple Buddha milik China ini memiliki ketinggian 128 meter. Patung yang menggambarkan Vairocana Buddha ini teretak di Kabupaten Lushan, Henan, China.

Spring Temple Buddha dibangun sejak tahun 1997 dan selesai di tahun 2008. Patung yang terdiri dari 1100 potongan cor tembaga itu dikabarkan menghabiskan dana sekitar Rp 820 miliar.

2.Garuda Wisnu Kencana, Bali

Patung Garuda Wisnu Kencana, Bali
Patung Garuda Wisnu Kencana, Bali

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) dibangun di atas lahan seluas sekitar 60 hektar di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Patung ini berdiri menjulang di dalam kompleks Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana dan merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta.

Proses pembuatan hingga penyelesaiannya pun memakan waktu 28 tahun dengan empat era kepresidenan. Ide membangun GWK muncul pada tahun 1989 ketika Nyoman Nuarta bertemu dengan dua menteri di zaman Soeharto, yaitu Joop Ave dan IB Sujana, serta Gubernur Bali, Ida Bagus Oka. Setelah disetujui oleh Presiden Soeharto pada tahun 1990, lalu dilakukan pembebasan lahan. Groundbreaking dilakukan pada tahun 1997.

Patung GWK terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter. Biaya pembangunannya sendiri dikabarkan mencapai sekitar Rp 450 miliar.

3.Laykyun Setkyar, Myanmar

Patung Laykyun Setkyar, di Myanmar (kalemitravel.com)
Patung Laykyun Setkyar, di Myanmar (kalemitravel.com)

Patung tertinggi ketiga di dunia, Laykyun Setkyar, memiliki ketinggian 116 meter, terletak di Monywa, Myanmar. Pembangunan patung ini dimulai pada tahun 1996 dan selesai pada tahun 2008. Patung ini berdiri di tahta 13,5 meter.

Didalamnya terdapat lift bagi pengunjung untuk menapai puncak dan menikmati pemandangan panorama kota. Pengunjung juga dapat melihat patung Buddha sepanjang 89 meter yang berbaring di samping patung Laykyun Setkyar.

4.Ushiku Daibutsu

Patung Ushiku Daibutsu
Patung Ushiku Daibutsu

Ushiku Daibutsu berarti ‘Buddha Besar di Ushiku’. Patung setinggi 110 meter yang terbuat dari perunggu ini terletak di kota Ushiku Jepang.

Ada empat tingkatan berbeda di dalam patung yang bisa dicapai pengunjung dengan menggunakan lift. Pada tingkat pertama, pengunjung dapat mendengar musik yang indah, tingkat kedua benar-benar didedikasikan untuk studi tulisan suci, tingkat ketiga diisi dengan 30.000 patung Buddha. Dari tingkat atas pengunjung dapat menyaksikan taman yang indah di sekitar lingkungan patung.

5.Guan Yin of the South Sea of Sanya, China

Patung Guan Yin of the South Sea of Sanya, China
Patung Guan Yin of the South Sea of Sanya, China

Patung Guan Yin of the South Sea of Sanya berlokasi di provinsi Hainan, Cina. Patung ini memiliki ketinggian 108 meter dan menjadi patung tertinggi kelima di dunia. Patung ini memiliki tiga wajah yang berbeda, ini untuk mewakili berkah dari Dewi di seluruh dunia.

Wajah pertama melihat ke arah daratan dan dua wajah lainnya mengarah ke laut. Butuh waktu hampir 6 tahun untuk menyelesaikan patung raksasa ini.

BAGIKAN