Wuih, Kapal Selam AS Dikendalikan dengan Stik Xbox

Foto: Istimewa

@Rayapos | Jakarta – Biasanya kapal selam militer selalu dilengkapi dengan periskop dan alat kendali lain. Sayangnya, peralatan itu tak akan ditemukan lagi pada kapal selam Angkatan Laut Amerika Serikat generasi baru.

Pertengahan September 2017, Angkatan Laut AS mengganti periskop pada sejumlah kapal selam nuklirnya dengan perangkat yang lebih modern dan canggih. Hebatnya lagi, periskop itu dikendalikan dengan joystick milik konsol Xbox 360.

Seperti dilansir laman Geek Wire, Kamis (4/1), periskop pada kapal selam nuklir AL AS ini diganti dengan dua tiang photonik yang dapat berputar 360 derajat. Tiang ini dilengkapi oleh kamera beresolusi tinggi.

Jika biasanya periskop konvensional menangkap citra hanya dapat dilihat oleh satu orang, namun tiang photonik menangkap citra yang dapat ditampilkan di monitor besar, sehingga dapat dilihat oleh banyak orang.

Sejatinya tiang photonik pada sejumlah kapal selam Amerika Serikat telah dioperasikan menggunakan joystik layaknya tuas kendali helikopter. Meskipun sudah tergolong canggih, penggunaan joystik masih dinilai merepotkan.

Karena itulah Angkatan Laut Amerika Serikat mulai menggunakan pengontrol Xbox 360 yang bisa digenggam dua tangan, untuk mengoperasikan periskop canggihnya. Selain itu, penggunaan joystick Xbox 360 di kapal selam dinilai lebih murah.

BAGIKAN