Foto: Istimewa

@Rayapos | Jakarta – Sprinter Indonesia yang akan diikutsertakan di Asian Games 2018, Lalu Muhammad Zohri menjadi yang tercepat pada nomor 100 meter dalam Kejuaraan Dunia Atletik (IAAF) U-20 di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018).

Ia berhasil naik di podium pertama setelah mengungguli dua sprinter asal Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison. Zohri mencatatkan waktu 10,18 detik, unggul 0,4 detik dari Schartz dan Harrison.

Sebelumnya, Zohri sudah menunjukkan tanda-tanda bakal merebut gelar juara. Ia menempati posisi kedua di semifinal dengan catatan waktu 10,24 detik, terpaut 0,05 detik dari Schwartz.

Saat final berlangsung, duo sprinter Amerika Serikat sepertinya bakal menguasai nomor 100 meter ini. Namun Zohri yang berada di jalur paling kanan justru bisa menyentuh garis finis terdepan.

Baca Juga:

Piala Dunia 2018: Pulangkan Inggris, Kroasia Melaju ke Final

Piala Dunia 2018: Inggris Kalah, Kane Patah Hati

“Saya akan berpesta malam ini. Sekarang, saya akan bersiap untuk menghadapi Asian Games bulan depan. Saya sangat bangga. Ini pengalaman luar biasa dan ini bagus untuk karier saya,” ujar Zohri.

Untuk diketahui, pada lomba lari internasional yang digelar sejak digelar 32 tahun lalu ini prestasi terbaik sprinter Indonesia hanya berhasil finis di posisi ke-8. Itu terjadi di tahun 1986.

Zohri menjadi sprtinter pertama Indonesia yang merengkuh juara di ajang kejuaraan atletik dunia ini. Asian Games berusia 18 tahun ini tampil mewakili Indonesia setelah menjadi juara di kejuaraan Asia U-20.